JAKARTA – Kapal Pesiar Genting Dream Cruise berlabuh di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (4/4). Kapal ini sebelumnya bersandar di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Selasa (3/4).

Kehadiran Genting Dream di Jakarta merupakan bagian dari special cruise. Karena, bukan rute reguler yang meliputi Singapura-Surabaya-Celukan Bawang (Bali Utara)-Singapura.

Genting Dream merupakan salah satu kapal pesiar yang dioperasikan oleh Dream Cruises, salah satu anak perusahaan operator kapal pesiar Genting Cruise Line.

Senior Vice President International Sales Genting Cruise Lines, Michael Goh mengatakan, saat bersandar di Surabaya dan Jakarta, para wisatawan yang berada di atas Genting Dream akan melakukan city tour selama sehari. Lalu, kembali ke kapal untuk berangkat.

“Mereka mendapat kesempatan city tour sehari. Dan ini bisa dimanfaatkan untuk jalan-jalan atau berbelanja di Jakarta,” ujar Michael Goh, Selasa (3/4).

Michael Goh menjelaskan, Indonesia merupakan salah satu pasar besar bagi penyedia layanan kapal pesiar. Karena itu pihaknya memutuskan Genting Dream bersandar di dua kota besar tersebut.

“Respons (pasar) Indonesia terhadap Genting Dream luar biasa. Besarnya pangsa pasar kapal pesiar di Indonesia tak lepas dari perekonomian yang sedang tumbuh. Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan kelas menengah terbesar di dunia,” tutur Michael Goh.

Sales Manager Genting Cruise Line Indonesia Hari Susanto mengatakan, respons wisatawan Indonesia sangat positif dengan merapatnya Genting Dream ke Jakarta dan Surabaya. Sebab, banyak yang ingin meresakan pengalaman berpesiar dengan Genting Dream.

“Orang Indonesia tidak perlu terbang ke Singapura dulu untuk naik Genting Cruise. Karena kapalnya ada di Indonesia,” papar Hari.

Hari menambahkan, pihaknya sudah banyak mendapat pesanan dari Jakarta dan Surabaya. Rata-rata wisatawan Indonesia mengambil paket pelayaran 3 hari dua malam dengan rute Jakarta-Singapura. Ada pula yang mengambil paket 4 hari tiga malam dengan rute Surabaya-Singapura.

“Rata-rata (mereka ambil) 3 hari 2 malam. Sama (ada juga) 4 hari 3 malam. Tapi paling banyak 3 hari 2 malam,” tambah Hari.

Pariwisata Indonesia akan menikmati keuntungan dengan bersandarnya Genting Dream Cruise. Kapal pesiar ini bisa menampung 3.000 orang. Bila okupansinya 70%, maka ada sekitar 2.100 wisatawan. Bila seorang wisatawan berbelanja 100 Dolar Amerika, maka jumlah pemasukan cukup signifikan.

Di Surabaya, penumpang Genting Dream Cruise dilaporkan sangat menikmati wisata belanja di Tunjungan Plaza. Nilai bisnis dari aktivitas pariwisata cukup besar. Mereka juga menikmati suasana Surabaya. Para wisatawan lalu menikmati wisata belanja.

“Harga di sini murah dan kualitas barangnya bagus. Yang jelas, kami berusaha memberikan layanan terbaik dengan memilih rute Indonesia,” Hari melanjutkan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya sumringah dengan kedatangan kapal pesiar tersebut. Apalagi, jumlah wisatawan yang bergerak melalui cruise juga besar. Dan mereka bisa berkeliling Indonesia di banyak destinasi yang sudah siap dengan pelabuhan dan CIQP.

“Keren itu. Ini juga momentum untuk memperkenalkan destinasi lain di Indonesia. Wisata Bahari Indonesia akan semakin hidup dan memang seharusnya begitu,” kata Menpar Arief Yahya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here