SEMARANG – Setelah diluncurkan dalam soft launching 17 Maret lalu, grand launching Pasar Semarangan akan dilakukan, Sabtu (7/4). Namun, destinasi digital ini baru diresmikan Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, Minggu (8/4). Dua wahana baru pun disiapkan.

“Grand launching tetap dilakukan Sabtu, lalu peresmiannya Minggu. Dengan grand launching ini, maka Pasar Semarangan akan beroperasi secara rutin,” ungkap Koordinator Pasar Karetan, Mei Kristianti, Jumat (6/4).

Saat soft launching 17 Maret silam, Pasar Semarangan mendapat respons luar biasa. Meski dalam tahap uji coba, ditambah cuaca hujan, tapi sekitar 3.000 orang berkunjung ke pasar ini.

Menurut Mei, potensi yang dimiliki oleh Pasar Semarangan sangat besar. “Antusiasme pengunjung sangat besar. Mereka bisa rutin ke sini setelah grand launching. Pasar ini tetap dibuka malam hari,” lanjutnya lagi.

Pasar Semarangan akan beroperasi setiap Sabtu. Tepatnya mulai pukul 15.00 WIB hingga 21.00 WIB. Kemudahan untuk pengunjung juga diberikan. Yaitu dengan bus gratis sebagai aksesibilitasnya.

Dua wahana baru pun siap menyambut wisatawan. Yaitu area ketangkasan air soft gun. Pengunjung bisa belajar fokus menembak dari objek yang sudah disediakan. Pasar Semarangan semakin lengkap dengan fasilitas panahan.

Mei mengatakan, wahana baru ini disiapkan untuk memberikan alternatif hiburan bagi para pengunjung.

“Agar lebih menarik lagi, Pasar Semarangan menambahkan air soff gun dan fasilitas panahan. Para pengunjung bisa melatih kekuatan fokus mereka. Sebab, keduanya sama-sama membidik objek,” kata Mei lagi.

Saat malam hari, suasana berbeda ditampilkan Pasar Semarangan. Ada live music. Konsep yang dipilih akustikan. Penunjung bisa me-request lagu yang diinginkan. Beberapa tarian juga akan dipersembahkan oleh anak-anak sekolah dasar. “Kami akan memberikan banyak hiburan yang segar bagi pengunjung. Harapannya mereka terkesan,” ujarnya.

Yang terpenting, pengunjung tidak perlu khawatir bila perut keroncongan. Sebab, Pasar Semarangan menyediakan 25 stand kuliner. Menariknya lagi, stand kuliner ini mewakili 4 budaya yang sangat lekat dengan Kota Semarang. Ada kuliner khas Jawa, India, Arab, hingga Belanda.

Mei menerangkan, semua kuliner yang disajikan sangat nikmat.

“Selain hiburan dan wahana, menu kuliner Pasar Semarangan ini sangat lengkap. Semuanya ada, apalagi mengacu 4 budaya besar di Semarang. Jangan khawatir soal harga karena semuanya murah-murah. Ini sudah murah, rasanya nikmat pula,” jelas Mei.

Beberapa kuliner unik yang bisa dinikmati, seperti sego kethek, sego jangung, juga sego ambeng. Ada juga nasi lunyu, nasi tedun, hingga sate kremos. Untuk transaksinya, pengunjung harus memiliki Tap Cash Kartu Semarang Hebat. Alternatif alat transaksi non tunai adalah aplikasi Yap (your all pament) yang dikeluarkan oleh Bank BNI.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, optimistis Pasar Semarangan akan sukses besar usai grand launching.

“Melihat progress saat soft launching, market dari Pasar Semarangan akan cepat terbentuk. Jumlahnya juga akan besar. Sekarang yang dibutuhkan adalah promosi yang gencar melalui media sosial. Kami yakin pasar ini akan cepat tumbuh besar seperti Pasar Karetan,” pungkas Menteri Pariwisata Arief Yahya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here