Beranda Nusantara Gunung Merapi mengeluarkan longsoran lava pada ketinggian 1.200 meter

Gunung Merapi mengeluarkan longsoran lava pada ketinggian 1.200 meter

Yogyakarta (ANTARA) – Puslitbang Teknologi Kebencanaan Geologi melaporkan Gunung Merapi di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah mengeluarkan empat aliran lahar dengan jarak maksimum 1.200 meter barat daya pada Rabu pukul 12.00 hingga 18. :00 WIB.

Menurut Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humayd, selama pengamatan, Merapi juga mengalami 57 longsoran dengan amplitudo 4-17 mm selama 21-113 detik, lima kali gempa dengan amplitudo 3-5 mm dalam 14 detik. -25 detik.

Kemudian terdapat 23 gempa hybrid atau multifase dengan amplitudo 3-22 mm dalam waktu 5,4-8 detik dan sembilan gempa vulkanik dangkal dengan amplitudo 27-75 mm dalam waktu 8,7-17,2 detik.

Dalam pantauan juga terlihat asap putih yang mengepul dari Gunung Merapi dengan intensitas tebal pada ketinggian 150 meter di atas puncak.

BPPTKG masih mempertahankan status Gunung Merapi pada Level III atau Siaga.

Jatuhnya lahar dan awan panas Merapi diperkirakan mempengaruhi sektor selatan-barat daya, yang meliputi sungai Zheltaya, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng dan Putih.

Jika terjadi letusan, lontaran material vulkanik dari Gunung Merapi bisa mencapai radius tiga kilometer dari puncak gunung.

Artikel sebelumyaLSM mengatakan 75 persen hutan bakau di Aceh Tamiang rusak parah.
Artikel berikutnyaBMKG minta Kemensos mengantisipasi skenario terburuk gempa-tsunami Pasitana