Beranda Nusantara Halaman Perintah: Membuka Surga – Alasan Melindungi Hutan Papua

Halaman Perintah: Membuka Surga – Alasan Melindungi Hutan Papua

berita dari papua masih bagus, masih positif

Jakarta (ANTARA) – Fotografer satwa liar AS dan pembuat film Tim Laman mengatakan penemuan surga jenis baru di Papua menjadi salah satu alasan untuk melindungi hutan Papua.

“Sekarang kita tahu, ini adalah salah satu dari tujuh jenis surga yang hanya dapat ditemukan di Papua. Saya pikir ini adalah contoh yang menunjukkan kepada kita bahwa masih banyak yang dapat ditemukan di Papua. Kita dapat belajar lebih banyak di sana jika kita kerja lebih dari itu,” kata Laman di acara virtual MACE Papua dan Maluku Defending Paradise Edition dari Jakarta, Selasa.

Menurut Laman, cendrawasih atau cendrawasih merupakan salah satu simbol terbaik bagi masa depan hutan lestari Papua.

“Tapi saya ingin berbagi pengalaman bahwa berita dari Papua masih bagus, masih positif. Karena saya bisa membayangkan melihat ke luar jendela pesawat di atas Papua dan melihat bagaimana hutan terlihat seperti terhampar luas. Sangat penting bahwa kita berbalik perhatian. Saat ini,” ujarnya.

Ahli ornitologi Cornell Ornithology Lab Ed Scholes mengatakan bahwa ketika mereka menyelesaikan proyek pertama mereka pada tahun 2012, 39 spesies diakui oleh sains pada saat itu. Namun saat ini telah diketahui lebih dari 40 jenis burung cenderawasih, 28 jenis diantaranya hidup di Indonesia dan sebagian besar di Papua.

Menurut Scholes, tujuh jenis cendrawasih hanya dapat ditemukan di Tanakh Papua, sedangkan dua lainnya hanya dapat ditemukan di Maluku.

Oleh karena itu, kata dia, menjaga hutan Papua sangat penting tidak hanya bagi Chenderavasih, tetapi juga karena membawa banyak manfaat bagi masyarakat. Mereka menyediakan udara dan air bersih, menyediakan makanan, dan juga menyediakan layanan penting secara global untuk membatasi dampak perubahan iklim.

Meski Papua masih memiliki banyak hutan, dia mengaku melihat perubahan setiap kali muncul, seperti saat membangun jalan di daerah terpencil.

Artikel sebelumyaAlex Nurdin membantah bahwa BPCAD telah menginvestasikan 100 miliar rupee dalam anggaran
Artikel berikutnyaDiklat Profesi UI memberikan pelatihan kehumasan bagi para petinggi TNI AD.