Beranda Nusantara Helikopter memadamkan kebakaran hutan di Il Levotolok

Helikopter memadamkan kebakaran hutan di Il Levotolok

Jakarta (ANTARA) – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengerahkan helikopter untuk membantu memadamkan kebakaran hutan dan lahan yang melanda Gunung Il Levotolok, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis.

“Kepala BNPB memerintahkan pegawainya untuk memindahkan helikopter. pengeboman air (water bomber) untuk membantu memadamkan api dan mencegah kemungkinan kejadian serupa, mengingat kondisi Gunung Il Levotolok masih aktif,” kata Pj Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi BNPB Abdul Muhari dalam siaran pers BNPB di Jakarta. Kamis.

Abdul menjelaskan, lahar merah panas di Pulau Levotolok menyebabkan kebakaran hutan dan lahan di sekitar gunung berapi.

Kebakaran hutan dan lahan terjadi di Kecamatan Il-Ape dan Il-Ape Timur di Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Pemerintah Kabupaten Lembata berupaya memadamkan api yang menghanguskan hutan dan lahan di lereng Ile Levotolok.

Pejabat pemerintah, dengan bantuan warga, mencoba memadamkan api yang melanda lereng Il-Levotolok, tetapi tidak dapat sepenuhnya melokalisasinya.

Peralatan tambahan yang terbatas dan medan yang berat membuat pemadaman kebakaran di daerah rawan bencana dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung tidak dapat dilakukan.

Menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), pada 28 Juli 2021, pukul 00:00 hingga 06:00 WITA, Gunung Il-Levotolok meletus, melontarkan material vulkanik 700-800 meter ke arah selatan-barat daya.

PVMBG menyatakan bahwa aktivitas vulkanik di Gunung Il-Levotolok berada pada Level III atau Siagi, dan merekomendasikan warga, pendaki, dan wisatawan untuk tidak melakukan aktivitas dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung.

Dalam kondisi seperti itu, warga dan petugas yang berusaha memadamkan api di lereng Il-Levotolok harus sangat berhati-hati.

Artikel sebelumyaBKSDA Sumbar melepasliarkan harimau sumatera ke hutan Pasaman Raya
Artikel berikutnyaPemberangkatan Prajurit TNI Raider ke Papua