Beranda Nusantara Hujan deras diperkirakan akan melanda sebagian Indonesia

Hujan deras diperkirakan akan melanda sebagian Indonesia

Jakarta (ANTARA) – Hujan lebat disertai angin kencang dan petir pada Jumat diperkirakan akan mengguyur sebagian wilayah Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi, menurut prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Menurut prakiraan cuaca yang dipublikasikan di situs resmi BMKG, hujan lebat disertai angin kencang dan kilat/petir dapat terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Benkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Barat. Kalimantan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

Wilayah Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua juga diprakirakan akan mengalami hujan lebat disertai angin kencang dan kilat/petir.

Hujan diprakirakan lebih sedikit untuk Jawa Barat dan Jawa Timur.

BMKG mengeluarkan peringatan kemungkinan bencana alam akibat hujan di Aceh, Sumatera Barat, Riau, Riau, Jambi, Benkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku, Papua, dan Papua Barat. …

Dalam siaran beritanya, BMKG menjelaskan bahwa sirkulasi siklon di Samudra Pasifik bagian timur di Filipina membentuk zona pertemuan atau confluence, yang secara tidak langsung menyebabkan terbentuknya zona konvergensi kecepatan angin yang membentang dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara.

Kondisi ini meningkatkan kemungkinan tumbuhnya awan hujan di sekitar daerah konvergensi yang bersirkulasi.

Zona konvergensi juga meluas di sepanjang pantai barat Aceh hingga perairan barat Pulau Nias, dari perairan barat Aceh hingga bagian utara Semenanjung Malaysia dan dari bagian selatan Jambi hingga perairan barat Sumatera Barat.

Selain itu, terpantau zona konvergensi dari bagian selatan Selat Karimata hingga perairan utara Kalimantan bagian utara, dari tenggara Sulawesi hingga pantai barat Sulawesi Tengah bagian utara, dan dari Papua bagian tengah hingga Papua Barat.

Artikel sebelumyaWarga Sotek Kaltim mengusulkan dibuat cagar alam
Artikel berikutnyaNelayan di Sumba Tengah melakukan ritual tradisional membakar bangkai paus.