Beranda Nusantara Hujan memicu longsor di dua desa di Kabupaten Kudus.

Hujan memicu longsor di dua desa di Kabupaten Kudus.

Kepala desa di Kudus juga diminta aktif memantau

Kudus (ANTARA) – Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat selama dua hari terakhir menyebabkan dua desa di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, longsor, dan beberapa pohon tumbang akibat angin kencang.

“Desa yang terjadi longsor hari ini (12/12), yakni Desa Jepang dan Desa Ternadi (Distrik Dave) setelah hujan mulai turun dari pukul 06:00 WIB hingga 13:45 WIB. Hujan juga turun pada hari sebelumnya, menyebabkan beberapa desa dilanda angin puting beliung. Boudi Waluyo, Direktur Eksekutif Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kudus, Rabu di Kudus.

Sementara itu, pohon tumbang terjadi di tiga lokasi, yakni Desa Pegandjaran, Kabupaten Bae, Desa Besito, Kecamatan Gebog, dan Desa Sidorekso (Kecamatan Kalivungu).

Menurut dia, longsor di Desa Ternadi terjadi di belakang rumah warga, dan di Desa Yapon, akses jalan menuju desa setempat terhalang material longsor.

Mendapat laporan tersebut, relawan BPBD bersama masyarakat setempat turun ke lokasi untuk mengevakuasi material longsor yang menutup akses jalan.

Sementara itu, kawasan rawan longsor juga telah disediakan melalui penggunaan plastik agar air tidak merembes ke dalam tanah.

Menurut dia, pohon tumbang juga dievakuasi agar tidak mengganggu akses jalan warga.

Ia mengingatkan masyarakat Kudus yang berada di daerah rawan bencana alam untuk waspada dan tetap waspada mengingat ada beberapa desa di Kabupaten Kudus yang rawan longsor, seperti desa Rahtavu dan Menavan.

“Setiap kepala desa di Kudus juga diminta aktif memantau wilayahnya dan pekerjaan umum harus diagendakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya, membersihkan parit dapat mencegah banjir atau hanyut, serta mencegah tanah longsor,” katanya.

Artikel sebelumyaWujudkan Akselerasi Transformasi Digital, Menkominfo: Natal Tingkatkan Solidaritas dan Kerekatan Sosial
Artikel berikutnyaMahasiswa Unismuh belajar konservasi di hutan mangrove Lantebung.