Beranda Warganet Kemendez PDTT: Pencapaian Desa Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Kurangi Stunting

Kemendez PDTT: Pencapaian Desa Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Kurangi Stunting

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menyatakan pencapaian Sustainable Rural Development Goals (SDGs) berkontribusi pada upaya percepatan penurunan keterbelakangan pertumbuhan

Plt. Eppie Lujarty dari Jakarta, Direktur Bina Sosial Budaya dan Lingkungan Desa dan Perdesaan, Kemendes PDTT, Jakarta, Senin, mengatakan Desa nomor satu sampai enam dari SDGs telah berkontribusi dalam upaya percepatan penanggulangan kemiskinan. keterbelakangan pertumbuhan di desa.

“Hal ini kami dorong agar desa dapat mencapai enam SDGs Desa, selain SDGs lainnya,” kata Eppie pada Rakornas Maju Bersama Percepatan Pengurangan Pertumbuhan Stunting yang dipantau secara online.

Pada dasarnya, tambahnya, terkait pemrosesan keterbelakangan pertumbuhan termasuk tujuan 1000 hari pertama kehidupan (HPK), terlepas dari apakah itu dilakukan dengan intervensi khusus atau sensitif.

Dijelaskannya, ini adalah intervensi khusus, yaitu penghapusan penyebab langsung dan terutama tindakan medis teknis dari tenaga medis.

Sementara itu, intervensi sensitif yaitu eliminasi penyebab tidak langsung lebih banyak dilakukan oleh sektor nonkesehatan.

“Tindakan pencegahan” keterbelakangan pertumbuhan di desa perlu dilakukan secara konvergen, yaitu memastikan pemberian pelayanan kepada kelompok sasaran prioritas,” kata Eppie.

Dikatakannya, salah satu tanggung jawab Kemendes PDTT adalah mendukung Kementerian Kesehatan dan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk layanan intervensi yang spesifik dan sensitif.

“Padahal dengan memajukan desa dengan memastikan bahwa warga desa menjadi sasaran program pengurangan” keterbelakangan pertumbuhan dapat mengakses layanan tertentu dan rahasia,” katanya.

Sebelumnya PDTT Mendes Abdul Halim Iskandar mengatakan, pembangunan desa mempercepat kemunduran. keterbelakangan pertumbuhan di desa.

“Perkembangan desa ini memberikan percepatan penurunan. keterbelakangan pertumbuhan Di desa, desa akan terus memprioritaskan membangun masa depan anak dengan fokus pada kesehatan dan pendidikan anak, termasuk fokus pada kesehatan dan pendidikan ibu,” kata Menteri Des PDTT.

Dia menambahkan, secara operasional, program pembangunan harus mempercepat resesi. keterbelakangan pertumbuhan termasuk tersedianya data anak dan ibu di desa yang lengkap, akurat dan terpercaya.

“Inilah sebabnya pencapaian 18 SDGs di desa kita dimulai dengan mengumpulkan data desa berdasarkan satuan triwulan, rumah tangga dan individu,” kata Gus Halim, demikian ia biasa disapa.

Artikel sebelumyaProduser Anthony Morina Menggugat Atas Pelecehan Seksual
Artikel berikutnyaBKKBN Sebut Percepatan Pengurangan Stunting Pertumbuhan Sejalan dengan Lima Prinsip