Beranda Hukum Kemenkumkham antar dua terpidana pengedar narkoba ke Nusakambangan

Kemenkumkham antar dua terpidana pengedar narkoba ke Nusakambangan

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) kembali memindahkan dua terpidana pengedar narkoba dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Sipinang ke Lapas Kelas I Batu Nusakambangan, Chilakap, Jawa Tengah.

“Dua narapidana telah dipindahkan untuk melanjutkan pendidikannya,” kata Kepala Lapas Kelas I Sipinang Tonni Nainggolan dalam keterangan tertulis dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) yang diterima di Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan pemindahan narapidana ke penjara “super-standar” merupakan komitmen pemasyarakatan untuk memberantas perdagangan narkoba.

Pemindahan dua terpidana kasus narkoba tersebut dilakukan berdasarkan surat dari Kanwil Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta nomor: W.10.PK.01.01.02-519 tanggal 19 Juli 2021.

“Dua terpidana kasus narkoba yang dipindahkan, yakni A.A. dan R.G., ”kata Tonney.

Sebelum pemindahan, petugas Lapas dengan bantuan polisi terlebih dahulu menggeledah dua narapidana. Tujuannya adalah untuk menjaga mereka bebas dari barang-barang terlarang.

Pemindahan dua napi juga diawasi ketat, melibatkan empat anggota Polsek Jatinegara dan empat petugas Lapas Kelas I Qipinang.

“Proses pemindahan kedua napi berjalan lancar dan aman, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat,” ujarnya.

Dengan pemindahan dua napi ke Nusakambangan antara 2020 hingga Selasa (20 September), sebanyak 671 pengedar narkoba telah dipindahkan.

Dari tahun 2020 hingga Mei 2021, lembaga pemasyarakatan juga berhasil menghentikan 286 kasus penyelundupan narkoba ke dalam penjara dan rumah tahanan negara, yang dilakukan di bawah berbagai rezim.

Artikel sebelumyaPencarian korban kapal tenggelam di perairan Kalimantan Barat diperluas
Artikel berikutnyaKepala Staf TNI AD dukung pemulihan prajurit yang mengalami gangguan saraf