Beranda Nusantara KLHK: Meningkatkan kesadaran masih menjadi tantangan pengelolaan sampah waste

KLHK: Meningkatkan kesadaran masih menjadi tantangan pengelolaan sampah waste

itu akan tetap menjadi PR yang bagus

Jakarta (ANTARA) – Ujang Solihin Sidiq, Kepala Bidang Komoditas dan Kemasan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), mengatakan peningkatan kesadaran masyarakat masih menjadi isu pengelolaan sampah terbesar di tanah air.

Dalam diskusi virtual forum ekonomi sirkular Indonesia kr-4 yang dipantau di Jakarta, Jumat, Ujang mengutip data Indeks Kepedulian Lingkungan Badan Pusat Statistik 2018 bahwa 72 persen penduduk masih tidak peduli dengan pengelolaan sampah.

“Jika tidak ditumbuhkan, masih akan menjadi pekerjaan rumah besar kita untuk generasi selanjutnya. Ini tantangan yang harus kita hadapi, salah satu tantangan rumah tangga terbesar kita adalah meningkatkan kesadaran masyarakat,” kata Ujang.

Terkait proses penyadaran masyarakat akan pentingnya proses daur ulang sampah, Ujang menegaskan bahwa pendidikan berperan besar dan membutuhkan waktu serta konsistensi.

Di dalam KLHK sendiri, menurut Ujang, ada desain terkait transmisi informasi pendidikan di bidang pengelolaan sampah yang tujuannya mengurangi dan mengelola sampah.

Pesan tentang manfaat yang akan diperoleh dari pengurangan dan pengelolaan sampah juga harus dikomunikasikan kepada publik untuk merangsang perubahan perilaku.

“Pesan penting ini menjadi desain megah Kami di KLHK ketika berbicara tentang komunikasi informasi dan pendidikan, ”jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa ada beberapa tantangan dalam penyelenggaraan pendidikan, yaitu keterbatasan anggaran yang seringkali tidak menjadi prioritas, produksi yang mahal dan sulit diterapkan di beberapa jaringan, serta dampak pendidikan yang tidak dapat dilihat secara instan.

Artikel sebelumyaAB6IX akan mengajukan gugatan pencemaran nama baik
Artikel berikutnyaBTS Ajak ARMY Berkompetisi di #PermissiontoDance via YouTube Shorts