JAKARTA – Sejumlah penghargaan berhasil diraih Indonesia dalam Asian Golf Award 2017. Indonesia menyabet Second Runner Up Best Golf Destination in Asia Pacific 2017. Penghargaan ini dilengkapi Kabupaten Bogor yang dinobatkan sebagai The Most Stunning Golf Venue in Asia 2017.

Asian Golf Award 2017 digelar oleh The Asia Pacific Golf Group (APGG). Asian Golf Award 2017 diserahkan di Danang, Vietnam, 16 November 2017 lalu. Penghargaan ini diterima Bupati Bogor Nurhayanti, dan telah diserahkan kepada Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Keberhasilan ini menambah panjang kesuksesan Indonesia di ajang serupa. Tahun 2016 lalu, Indonesia dinobatkan sebagai Juara 2 Best Golf Destination in Asia Pacific 2017.

“Merupakan suatu kehormatan bahwa Asian Golf Awards telah mengakui Bogor sebagai tujuan golf, dengan penghargaan baru-baru ini diterima sebagai Wilayah Terbaik untuk Golf di Asia pada tahun 2017,” ujar Nurhayanti, Selasa (10/4).

“Selalu ada minat yang nyata untuk golf di Bogor, yang tercermin dalam peningkatan yang mengesankan dalam jumlah pengunjung internasional dalam beberapa tahun terakhir,” ujarnya.

Keberhasilan Kabupaten Bogor meraih The Most Stunning Golf Venue in Asia 2017, tidak terlepas dari sejumlah venue yang luar biasa.

Venue-venue itu adalah Emeralda Golf Club, Gunung Geulis Golf & Country Club, Klub Golf Bogor Raya, Palm Hill Golf Club, Permata Sentul Golf Club, Rainbow Hills Golf Club, Riverside Golf Club, Rancamaya Golf & Country Club, dan Sentul Highlands Golf Club.

Nurhayanti mengatakan, penghargaan ini diberikan berdasarkan survei. Dari survei itu, publik Asia Pasifik memberikan nilai memuaskan terhadap keindahan dan pelayanan yang diberikan destinasi-destinasi golf di Bogor.

“Ini merupakan penghargaan prestisius di industri golf. Penghargaan ini merupakan bukti nyata dari hasil kerja keras seluruh tim kami serta kepercayaan yang luar biasa dari insan golf di Indonesia dan dunia,” kata dia.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bogor, Rahmat Surjana, pemilihan fasilitas terbaik golf terbaik dalam Asian Golf Award dilakukan dengan cara voting online.

“Ada lebih dari 50 kategori penghargaan dan penghargaan khusus. Yaitu terdiri dari lapangan golf terbaik di Asia, tujuan golf terbaik, dan kepribadian terbaik di industri golf. Hal ini sebagai tolok ukur keunggulan industri golf di kawasan Asia Pasifik,” tuturnya.

Asian Golf Awards adalah penghargaan untuk industri golf yang disetarakan dengan ajang Oscar. Penghargaan ini adalah kegiatan tahun yang telah digelar sejak 2006 lalu.

Deputi Pemasaran I Kementerian Pariwisata I Gde Pitana, menilai keberhasilan Indonesia menyabet penghargaan tersebut sangat positif. Bagi Pitana, keberhasilan tersebut punya makna penting bagi pariwisata.

“Awarding itu punya makna penting untuk pariwisata. Baik internal maupun eksternal. Ke dalam, akan meningkatkan kualitas dan kemampuan SDM dalam hospitality. Sementara ke luar, akan mendongkrak kredibilitas Indonesia di dunia internasional. Apalagi award itu diperoleh dengan cara-cara yang fair, betul-betul karena kualitas,” papar Pitana, didampingi Asisten Deputi Pemasaran I Regional II, Sumarni.

Ditambahkannya, raihan penghargaan akan menularkan virus kompetisi di internal. Dan ini akan memiliki imbas yang baik.

“Kebanggaan dan prestasi itu bisa menularkan virus kompetisi di internal kita. Seperti destinasi, pelaku bisnis, seniman, pemerhati, dan semua pihak yang concern di pariwisata. Semakin ketat kompetisi, semakin banyak karya yang bisa dipromosikan ke mancanegara,” jelas Pitana, yang dibenarkan Kabid Pemasaran Area I Kemenpar, Wawan Gunawan.

Sedangkan Menpar Arief Yahya mengatakan, selain Bali, Bogor selama ini memang telah menjadi rujukan bagi para penggemar golf di dunia. Di Bogor terdapat banyak lapangan golf yang memberikan nuansa lebih. Pemandangan yang indah, budaya yang kuat, serta masyarakatnya yang ramah, menjadikan bermain golf di Bogor memberi kesenangan tersendiri.

“Penghargaan ini bukan hanya kebanggaan untuk kami, dimana saat ini pemerintah juga sedang mengalakkan pariwisata golf di Indonesia,” ungkap Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya pun langsung mengacungkan dua jempolnya. Bogor sebagai destinasi wisata, memiliki sedikitnya lima lapangan golf bertaraf internasional. Kelimanya tersebar di kabupaten.

“Ini luar biasa. Bagi saya, Bogor juga surga golf. Layanan dan panorama golf course di Bogor juga sudah kelas dunia,” tutur Menpar Arief Yahya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here