Beranda Nusantara Lahar cair Merapi meluncur ke barat daya 15 kali

Lahar cair Merapi meluncur ke barat daya 15 kali

Yogyakarta (ANTARA) – Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan Gunung Merapi di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah meletus sebanyak 15 kali pada Kamis.

Lava pijar meluncur dengan jarak maksimum 1500 meter ke arah barat daya pada pukul 00:00 hingga 06:00 WIB.

Menurut Kepala BCPTKG Hanik Humayda, selama pengamatan di Merapi juga terjadi 54 longsoran dengan amplitudo 3-35 mm dalam 24-99 detik dan dua kali gempa embusan dengan amplitudo 2 mm pada 11- 18 detik.

Asap putih juga terlihat dari Gunung Merapi dengan intensitas sedang hingga berat pada Kamis pagi pada ketinggian 50-300 meter di atas puncak.

Selama pengamatan, angin di Gunung Merapi bertiup lemah dari barat, suhu udara 16-21 derajat Celcius, kelembaban 75-95 persen, tekanan udara 567-719 mm Hg.

Selama periode pengamatan Rabu (15/12) pukul 00:00-24:00 WIB di Gunung Merapi, emisi awan panas longsoran dengan jarak luncur 2000 meter dan enam longsoran lava pijar dengan jarak geser maksimum 1600 meter ke arah barat daya dicatat. …

Hingga saat ini, BPPTKG masih mempertahankan status aktif Gunung Merapi pada Level III atau Siaga.

Guguran lahar dan awan panas Gunung Merapi diperkirakan berdampak pada sektor tenggara-barat daya sejauh maksimum tiga kilometer ke Sungai Voro dan lima kilometer ke sungai Gendol, Kooning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih. sungai.

Jika gunung berapi mengalami letusan eksplosif, lontaran material vulkanik bisa mencapai area dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung.

Artikel sebelumyaHarimau sumatera menyerang sapi Agam
Artikel berikutnyaMakoto Shinkai Kembali ke Film Anime "Suzume no Tojimari"