Jika Anda seorang wanita, Anda mungkin pernah mendengar latihan Kegel setidaknya satu kali sebelumnya. Ini adalah latihan yang dapat dilakukan wanita untuk memperkuat “lantai panggul” mereka dari waktu ke waktu. Lantai panggul adalah istilah yang digunakan untuk otot-otot yang mendukung kandung kemih, rahim, dan usus dalam anatomi wanita.

Untuk beberapa wanita, otot-otot dasar panggul melemah seiring waktu atau karena kehamilan. Pada akhirnya, ini akan menyebabkan organ panggul seperti kandung kemih dan usus turun ke vagina. Selain tidak nyaman, masalah ini juga dapat menyebabkan inkontinensia dan masalah dengan seks.

Manfaat Latihan Kegel untuk Wanita

Berikut adalah manfaat dan keunggulan terbaik dari latihan Kegel untuk wanita.

Menguatkan dasar panggul agar lebih nyaman
Sebagaimana dinyatakan di atas, wanita sering mengalami masalah dengan otot-otot dasar panggul mereka melemah seiring waktu, dan ini menyebabkan usus dan kandung kemih bergerak ke dalam vagina. Latihan kegel akan memperkuat dasar panggul dan membantu mendukung usus dan kandung kemih untuk meningkatkan kenyamanan dan mengurangi rasa sakit.

Peningkatan pengiriman bayi
Pada bulan-bulan menjelang kelahiran bayi, dokter dan perawat sering mendorong ibu hamil untuk melatih otot panggul mereka menggunakan latihan Kegel. Dalam beberapa penelitian, telah terbukti bahwa para wanita yang menggunakan latihan Kegel memiliki tenaga kerja yang lebih mudah. Anda mungkin berpikir bahwa kebalikannya akan benar karena ketika kita memikirkan Kegels, kita sering berpikir tentang fenomena pengetatan. Namun, ternyata, latihan Kegel adalah tentang otot yang kuat, dan itulah yang paling dibutuhkan selama persalinan.

Meningkatkan inkontinensia
Tentu saja, salah satu manfaat terpenting dalam melakukan Kegels adalah meningkatkan inkontinensia. Dengan memperkuat dasar panggul, kandung kemih lebih baik didukung dan tidak akan “bocor”. Anda akan dapat menunggu lebih lama di antara waktu istirahat kamar mandi juga.

Membuat seks lebih menyenangkan
Akhirnya, melakukan Kegels secara teratur bahkan dapat meningkatkan seks. Bagi wanita, dasar panggul yang lebih kuat dapat membantu mencapai orgasme yang lebih mudah dan lebih cepat. Dan bahkan untuk pria, Kegels bisa membantu untuk seks. Masalah dengan disfungsi ereksi dapat sangat meningkat ketika pria melakukan Kegel secara teratur.

Kiat-kiat untuk Berhasil Melakukan Latihan Kegel

Jika Anda tertarik melakukan latihan Kegel, berikut beberapa kiatnya.

Pertama, selalu kosongkan kandung kemih Anda sebelum Anda mulai melakukan Kegels. Selanjutnya, mulailah perlahan. Otot-otot di dekat kandung kemih dan usus Anda tidak digunakan untuk “dikerjakan” seperti otot-otot lain di tubuh Anda, dan seperti memulai latihan rutin baru, otot-otot itu mungkin terasa lembut dan sakit pada awalnya. Ini adalah sensasi yang agak aneh untuk terbiasa, jadi tidak perlu malu memulai dengan langkah yang mudah.

Dan akhirnya, ingatlah bahwa Anda tidak akan melihat manfaatnya dalam semalam. Butuh waktu bagi otot Anda untuk tumbuh lebih kuat. Dengan itu dikatakan, hanya melakukan 2 atau 3 menit dari Kegels sehari dapat menyelesaikan pekerjaan. Temukan beberapa latihan online dan cobalah sendiri. Mereka dapat dilakukan pada dasarnya di mana saja dan kapan saja.

1 COMMENT

  1. Someone essentially help to make seriously articles I would state. This is the very first time I frequented your web page and thus far? I surprised with the research you made to create this particular publish amazing. Magnificent job!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here