Dengan Selandia Baru masih datang untuk berdamai dengan wabah tipus yang menewaskan seorang wanita dan mempengaruhi 22 orang lainnya, sekarang saatnya untuk mempertimbangkan vaksinasi Anda jika Anda berpikir untuk bepergian ke negara atau wilayah berkembang.

Sementara Selandia Baru jauh dari digolongkan sebagai terbelakang, itu hanya menunjukkan bahwa penyakit ini dapat muncul di beberapa tempat yang paling tidak mungkin.

Bagaimana tifoid dibawa ke Selandia Baru masih menjadi misteri, dengan pemerintah berpendapat bahwa itu bisa saja melalui chip Taro yang diimpor dari Samoa dan disajikan di fungsi gereja. (Keripik terbuat dari akar tanaman Taro, sepupu kentang).

Apa itu tifus?
Ini adalah penyakit gastrointestinal yang disebabkan oleh bakteri Salmonella enterica typhi. Ada juga penyakit serupa yang disebut Paratyphoid Fever yang disebabkan oleh 3 bakteri paratyphi yang berbeda. Secara kolektif mereka semua biasanya dikenal sebagai demam enterik.

Bagaimana tifus menyebar?
Tifus hanya menyebar dengan makan makanan atau air minum yang terkontaminasi oleh urin atau kotoran seseorang dengan penyakit, yang berarti mereka terinfeksi atau pembawa. Operator bisa menjadi seseorang yang tifus dan masih dinyatakan baik tetapi menumpahkan bakteri melalui faeces mereka.

Tifoid tidak mungkin ditransfer dengan memeluk atau mencium seseorang sehingga orang dapat melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasanya, tetapi ingat kebersihan yang baik adalah penting apakah orang tersebut pembawa atau tidak. Ini terutama terjadi ketika menangani makanan. Mencuci tangan dengan air sabun setidaknya selama 20 detik dianjurkan. Lalu keringkan dengan handuk atau lap kertas bersih.

Selalu lakukan ini setelah:
Menggunakan toilet
Sebelum Anda menyiapkan makanan
Sebelum kamu makan atau minum
Dan juga setelah mengganti popok bayi
Risiko seseorang menyebarkan tifus begitu mereka dirawat di rumah sakit karena itu sangat rendah. Namun, perlu beberapa hari observasi dan pengujian sebelum orang yang menderita tifoid dapat dibersihkan oleh dokter penyakit infeksi untuk memastikan tidak ada risiko mereka akan menularkan penyakit kepada orang lain.

Gejala tifoid:
Gejala seperti flu, nyeri otot dan nyeri
Onset bertahap demam tinggi, menggigil dan berkeringat
Sakit kepala, mual, ruam
Kurang nafsu makan, tidak enak badan
Nyeri di perut, sembelit (pada orang dewasa) diare (pada anak-anak)
Pusing, delirium dan kebingungan
Konvulsi pada anak di bawah 5 tahun
Masa inkubasi untuk tifoid biasanya delapan hingga 14 hari tetapi bisa sampai 80 hari sehingga setiap kasus yang terkait dengan wabah bisa muncul selama beberapa minggu.

Negara manakah di mana tifus mewabah?
Negara-negara seperti AS, Australia, dan Inggris Raya, misalnya, di mana ada layanan sanitasi yang layak, air minum yang bersih dan program vaksinasi, bukan daerah berisiko sejauh yang dikhawatirkan. Mereka kadang-kadang melaporkan kasus tunggal atau wabah kecil yang disebabkan seseorang yang kembali setelah bepergian ke salah satu negara berisiko.

Namun, tempat-tempat risiko adalah negara-negara Asia Tenggara, Afrika, Timur Tengah, Amerika Tengah dan Selatan, dan wilayah Pasifik Barat tanpa sistem pembuangan kotoran yang memadai dan air minum yang bersih. Dokter perjalanan Anda akan merekomendasikan vaksinasi jika Anda bepergian ke salah satu wilayah ini.

Ketika datang ke makanan yang dimakan di daerah endemik tifus, sarannya adalah ‘Masak, rebus, kupas atau lupakan’.

Vaksinasi
Ini adalah vaksin tipus yang dianggap aman dan efektif dan tersedia di Australia:

Vaksin tifoid monovalen
Vivotif Oral – Vaksin tifoid hidup yang dilemahkan secara lisan. Tiga kapsul dalam kemasan blister.
Typherix – Vaksin polisakarida Vi yang telah dimurnikan. Suntik.
Typhim Vi – Vaksin polisakarida Vi kapsul yang dimurnikan. Suntik.
Kombinasi vaksin tipus

Vivaxim – Virus hepatitis A yang dilemahkan dan vaksin polisakarida Vi kapsular murni. Suntik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here