jurnalpos
jurnalpos

Dalam dekade terakhir atau lebih, peer to peer (P2P) pinjaman telah muncul sebagai alternatif untuk pinjaman tradisional. Satu-satunya tujuan dari platform pinjaman peer to peer adalah untuk membawa calon debitur bersama dengan investor yang bersedia memberikan pinjaman. Mereka dapat dianggap sebagai mitra keuangan eBay, tetapi bonusnya adalah bahwa investor tidak harus berurusan dengan investor secara langsung. Platform pinjaman P2P memiliki tanggung jawab menangani semua transaksi, yang berarti menentukan kelayakan pinjaman untuk menetapkan biaya dan tarif untuk memproses pembayaran. Untuk peminjam, daya tarik utama dari pinjaman P2P adalah bahwa mereka dapat menikmati suku bunga yang lebih rendah daripada pemberi pinjaman tradisional seperti bank dan serikat kredit.

Ada keuntungan lain yang peminjam P2P juga dapat menikmati seperti proses aplikasi yang cepat dan mudah dan ini membuatnya lebih mudah bagi mereka untuk mencari kesepakatan terbaik. Selain itu, ini juga lebih lembut pada skor kredit Anda dibandingkan dengan pinjaman tradisional. Belanja untuk pinjaman di platform pinjaman peer to peer melibatkan dua langkah dasar. Pertama, Anda harus memberikan jawaban atas beberapa pertanyaan sederhana seperti nama Anda, tanggal lahir, alamat dan pendapatan tahunan, bersama dengan skor kredit Anda. Pemberi pinjaman menggunakan informasi ini untuk memutuskan jenis pinjaman apa yang ditawarkan kepada Anda.

Image result for Taking a Close Look at Peer to Peer Lending

Anda dapat memilih dari opsi yang disediakan oleh pemberi pinjaman. Setelah pilihan Anda, pemberi pinjaman P2P akan melakukan pemeriksaan yang lebih rinci dan mungkin meminta Anda untuk memberikan informasi latar belakang tambahan dan memverifikasi penghasilan Anda. Kriteria pinjaman dari setiap platform pinjaman P2P bervariasi, yang mencakup persyaratan untuk informasi tambahan atau skor kredit minimum. Beberapa kreditur akan meminta peminjam untuk memberikan rincian tentang aset keuangan, riwayat pekerjaan atau bahkan latar belakang pendidikan. Anda dapat memberikan dokumen-dokumen ini kepada kreditur secara elektronik.

Setelah informasi yang diperlukan telah disediakan, keputusan pinjaman dinilai dan diselesaikan. Proses ini dapat berlangsung antara beberapa hari hingga seminggu, tergantung pada kriteria pemberi pinjaman dan jumlah pinjaman. Jika pinjaman disetujui, prosedur pembayaran harus diatur dan jumlah pinjaman ditransfer ke akun Anda dalam beberapa hari. Ini membuatnya jauh lebih cepat daripada pinjaman tradisional Anda.

Suku bunga yang dikenakan oleh peer to peer lender menjangkau rentang yang luas dan mereka bergantung pada pendapatan peminjam, skor kredit dan faktor-faktor lain yang dipertimbangkan dalam proses aplikasi. Anda dapat menggunakan kalkulator suku bunga pinjaman P2P untuk mendapatkan perkiraan tingkat bunga yang akan dikenakan dari Anda untuk jumlah tertentu. Biaya originasi juga dibebankan oleh pemberi pinjaman P2P, mirip dengan rekan-rekan tradisional mereka dan mereka juga dapat bervariasi sesuai jumlah pinjaman. Anda juga harus ingat bahwa beberapa kreditur dapat mengenakan denda jika Anda membayar lebih awal. Orang lain dapat mengenakan denda atau biaya jika pembayaran terlambat, periksa bouncing atau penarikan otomatis gagal.

Selalu membaca baik cetak sebelum Anda mendaftar dengan layanan pinjaman peer to peer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here