Dengan pertumbuhan eksponensial internet dalam beberapa tahun terakhir, jumlah situs web telah meningkat secara drastis. Itu berarti memiliki situs web sendiri pasti akan memiliki persaingan yang sangat besar dalam hal aspek teknis. Anda mungkin memiliki situs web satu-of-a-kind, tetapi jika itu adalah situs yang lambat dan tidak responsif, maka pengguna akan segera berhenti menggunakannya. Di situlah kebutuhan akan server khusus.

Apa itu dedicated server?

Hosting situs web umum berarti Anda berbagi sumber daya dengan situs web lain. Ketika situs Anda dihosting di server, situs tersebut ditempatkan di komputer dengan spesifikasi tertentu, dan situs Anda, serta situs lainnya, menggunakan sumber daya komputer itu – seperti CPU, memori, dan proses lainnya. Karena shared hosting memiliki ruang bersama, setiap situs web yang dihosting memiliki akses yang sama ke setiap sumber daya. Perbedaannya dengan dedicated hosting adalah bahwa Anda memiliki akses eksklusif ke mesin untuk semua kebutuhan Anda. Anda dapat menggunakan server tersebut untuk menghosting sebanyak – atau sedikit – situs web sesuka Anda. Dengan begitu, mesin tidak menghabiskan sumber daya pada proses yang dapat memperlambat situs Anda sendiri.

Penggunaan sumber daya

Bergantung pada ukuran situs web, Anda mungkin benar-benar perlu menggunakan server khusus. Berarti jika ada banyak situs web lain yang menggunakan server bersama maka Anda pasti membutuhkan dedicated server. Tetapi jika server bersama membatasi jumlah situs web yang dapat dihosting, maka Virtual Private Server (VPS) mungkin terbukti menjadi opsi yang sama-sama valid. Itu berarti bahwa meskipun Anda akan berbagi sumber daya mesin dengan situs web lain, Anda dijamin bagian tertentu dari sumber daya akan selalu tersedia untuk situs Anda. Pada akhirnya, ia datang ke situs web Anda dan apa yang harus ditangani.

Optimisasi Mesin Pencari

Jika Anda ingin situs Anda ditampilkan pada halaman teratas pencarian Google, maka situs Anda pasti harus cepat. Kecepatan situs web adalah salah satu faktor yang paling penting untuk ditampilkan di Google, dan jika itu berbagi sumber daya dengan situs lain, maka kecepatannya dapat turun secara signifikan. Menggunakan server khusus sering berarti bahwa jumlah pengunjung akan meningkat, terutama jika situs dirancang untuk bekerja dengan cepat.

Keamanan

Terkadang, menggunakan server bersama adalah risiko keamanan, terutama jika situs Anda akan menangani data sensitif seperti nomor kartu kredit. Menggunakan dedicated server akan secara drastis mengurangi risiko keamanan.

Kapan Anda membutuhkan Server yang berdedikasi?

Jika situs web Anda terbukti menguntungkan di shared hosting, maka mungkin saatnya untuk beralih ke server khusus. Aturan umum yang umum adalah jika situs Anda menghasilkan biaya 10 kali lebih besar dari server khusus, saatnya beralih. Selain itu, jika Anda tidak mampu untuk ditangguhkan oleh host, atau jika downtime situs web tidak sesuai, maka dedicated server adalah suatu keharusan, tidak peduli biayanya.

Server khusus dapat menghemat banyak masalah. Layanan yang sangat baik, seperti yang ditawarkan oleh Memset, dapat membuktikan apa yang dibutuhkan situs web Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here