Beranda Warganet Menkes mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan vaksinasi.

Menkes mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan vaksinasi.

Kementerian Kesehatan tidak bisa melakukan ini sendiri, kita harus melakukannya bersama-sama.

Jakarta (ANTARA) – Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengajak semua pihak, termasuk masyarakat, untuk berpartisipasi dalam upaya vaksinasi karena Kementerian Kesehatan tidak bisa menangani pandemi COVID-19 sendirian.

“Kita harus memvaksinasi 181,5 juta orang dengan vaksin ini. Kementerian Kesehatan tidak bisa melakukan ini sendiri, kita harus melakukannya bersama-sama. Kita tidak bisa luar biasa, tapi kita harus terbuka,” ujarnya dalam video yang diterima di Jakarta, Kamis.

Hal ini dapat dilakukan dengan mengajak seluruh organisasi masyarakat untuk berpartisipasi, tambah Menkes.

“Saya juga mengatakan tidak mungkin dibangun ke dalam struktur program pemerintah, tetapi juga tidak mungkin dibangun ke dalam gerakan sosial,” kata Budi.

Ia mengatakan, pihaknya hanya memberikan vaksin kepada masyarakat, namun hal tersebut dapat berjalan lancar berkat inisiatif masyarakat yang dibantu oleh jajaran TNI dan Polri.

Budi juga mengucapkan terima kasih kepada TNI, Polri dan tokoh masyarakat yang telah memberikan dukungan dan bantuan dalam kegiatan vaksinasi massal ini.

“Polri dan TNI sangat membantu, jadi saya juga berterima kasih, karena ini inisiatif rakyat. Kemudian, dengan bantuan Polri, kita juga mendukung vaksin, saya melihat jika semua komponen bangsa bisa melakukan ini, kita bisa menghadapi pandemi ini,” kata Budi.

Ia meyakini, sesulit apapun pandemi saat ini, selama seluruh komponen masyarakat bersinergi menggalang modal sosial, Indonesia bisa bangkit kembali.

Sebelumnya, Menkes membahas isu vaksinasi yang dilakukan Polsek Pasar Mingu bekerjasama dengan Rumah Sarvono di Jakarta Selatan. Vaksinasi yang berlangsung selama dua hari, 14-15 Juli itu menargetkan 1.000 warga untuk meningkatkan kekebalan kelompok dalam memerangi COVID-19.

Artikel sebelumyaBobby Nasution Minta Rumah Sakit Tambah Tempat Tidur Untuk Pasien COVID
Artikel berikutnyaPutusan pengadilan Edhi tentang suap untuk ekspor benih masih tertunda inkracht