Beranda Warganet Menparekraf pesan 120 kain tenun Tenganan untuk G20 di Bali

Menparekraf pesan 120 kain tenun Tenganan untuk G20 di Bali

Karangasem (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memesan 120 kain tenun produksi pengrajin di Desa Tenganan, Kabupaten Karangasem, Bali.

Kain tenun ikat yang dipesan rencananya akan dipresentasikan kepada para pemimpin dunia yang menghadiri acara G20 yang rencananya akan digelar di kawasan Bali.

“Kemenparekraf telah memesan 120 kain tenun untuk acara G20. Jadi tahun depan sudah siap dipresentasikan kepada para pemimpin dunia G20,” kata Menparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi desa wisata Tenganan Pegringingan di Bali, Jumat.

Dalam kunjungan ke desa wisata sebagai bagian dari upacara penghargaan Desa Wisata Indonesia (ADWI), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berkenalan dengan kegiatan masyarakat setempat yang memproduksi kain tenun Tenganan Gringsing, dan berbincang dengan para pengrajin.

Menurut Menparekraf Sandiaga Uno, pengrajin mengeluhkan penurunan omzet transaksi kain tenun selama pandemi COVID-19.

“Tenun ini adalah tenun, legenda dan ikonik, jadi saya ingin menyenggolnya. Semoga pesanan ini bisa menginspirasi para penenun dan membantu para pengrajin di sini,” ujarnya.

Ditambahkannya, selain meningkatkan kondisi ekonomi masyarakat sekitar yang terdampak pandemi, pemesanan 120 kain tenun diharapkan juga membuka lapangan kerja bagi warga.

“Sekitar 400 orang mengerjakan pesanan ini untuk 120 kain tenun. Dari hasil kunjungan kami ada 400 lowongan yang dibuka dan semoga lebih banyak lagi kunjungan ke desa Tenganan,” kata Sandiaga Uno.

Selain itu, Menparekraf juga berencana mengundang tamu dan delegasi untuk mengunjungi desa wisata Tenganan-Pegringingan tahun depan sebagai bagian dari rangkaian G20.

“Desa Wisata Tenganan-Pegringsingan bisa disebut kelas dunia, dan sudah dikenal di seluruh dunia. Saya mengajak peserta G20 ke desa Tenganan ini,” ujarnya.

Artikel sebelumyaPKC menangkap Azis Syamsuddin
Artikel berikutnyaSlank dan Papua Jungle Chef berkolaborasi untuk mendukung pelestarian hutan Papua