Beranda Nusantara Menteri LHC: Bank Sampah Berperan Penting Membangun Bangsa

Menteri LHC: Bank Sampah Berperan Penting Membangun Bangsa

Jakarta (ANTARA) – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Kota Nurbaya menegaskan bank sampah berperan penting dalam pembangunan bangsa dan berdampak nyata di tingkat akar rumput.

“Disadari atau tidak, bank sampah berperan penting dalam membangun bangsa ini, antara lain melalui, pertama, aksi bersama di masyarakat untuk membudayakan dan melembagakan gaya hidup bersih,” kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan membuka Bank Sampah tahun 2021. Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) dipantau secara virtual di Jakarta, Kamis.

Kota juga menekankan bahwa tempat sampah dapat menjadi sarana pendidikan masyarakat, menumbuhkan inisiatif dan inovasi di masyarakat. Ada juga peluang untuk memberdayakan masyarakat agar produktif.

Bank sampah, kata dia, juga menjadi ruang aktualisasi kehidupan bermasyarakat dan bermasyarakat, pemerintahan dan negara. Namun, bukan hanya tempat berkumpul dan bekerja sama, tetapi juga nilai dalam pengelolaan sampah.

Selain itu, menurut Pemkot, tong sampah di Indonesia juga bernilai sebagai gotong royong dan kekompakan.

Dijelaskannya, bank sampah berperan sebagai organisasi dan tempat usaha, serta kegiatan produksi bagi anggota masyarakat yang terus mengembangkan dan berpartisipasi dalam program pemerintah untuk mengurangi dan mengelola sampah sesuai dengan tujuan nasional dan daerah.

“Saat ini, hal ini dibarengi dengan pengembangan konsep ekonomi sirkular,” kata City.

Menurut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), saat ini terdapat 11.566 unit bank sampah di 363 kabupaten/kota di Indonesia. Angka ini menunjukkan penambahan sekitar 3.500 unit sejak 2016.

Artikel sebelumyaLanal Labuan Bajo mendonorkan darahnya dalam bentuk kepedulian TNI AL
Artikel berikutnyaKomnas HAM: Polri adalah institusi yang paling banyak mengadukan masyarakat