Beranda Warganet Menyelesaikan pembangunan monumen Jenderal Sudirman di TMZ Dreded.

Menyelesaikan pembangunan monumen Jenderal Sudirman di TMZ Dreded.

Kota Bogor (ANTARA) – Tugu Makam Pahlawan Keruk (TMP) direnovasi total untuk menampilkan ornamen kepahlawanan nasional Jenderal Sudirman dan pahlawan lokal Bogor, Wali Kota Ocking bersama Kapten Muslikhat.

“Konsepnya merepresentasikan perasaan sebuah taman tanpa menghilangkan nilai-nilai budaya yang ada, termasuk unsur kujang di dalamnya. Seperti pada umumnya, ada taman tugu di makam pahlawan,” kata Kepala Bidang Data dan Konsultasi Sosial Dinas Sosial Kota Bogor, Octo Muhammad Ihsan, di Kota Bogor, Kamis.
Menurut Octo, dekorasi yang menghiasi tugu pahlawan yang diresmikan Danrem 061/Suryakanchan, Brigjen Ahmad Fawzi dan Wali Kota Bogor Bima Arya pada Rabu (11/10), memberikan sentuhan baru.
Pada eksposisi terakhir, di kedua sisi bagian utama monumen, gambar para pahlawan terbuat dari bahan tembaga.

Pilihan gambar Jenderal Sudirman dan Mayor Ocking dengan Kapten Muslikhat sesuai dengan perintah 0606 Dandim kota Bogor untuk membawa pahlawan nasional dan pahlawan lokal kota Bogor.
Kebangkitan kembali monumen TMP Dreded juga dilatarbelakangi oleh kondisi yang dianggap tidak dapat diterima dan mengalami kerusakan yang cukup signifikan.
Kemudian Pemerintah Kota Bogor melalui Dinas Sosial (Dinsos) menghidupkannya kembali dengan konsep baru.
Proses revitalisasi dimulai sekitar empat bulan lalu dengan batas harga lelang sekitar Rs 960 juta dan selesai empat hari sebelum Hari Pahlawan pada 6 November 2021.
Untuk pengembangan lebih lanjut, tambah Octo, daftar hero yang terkubur di TMP Dreded akan ditambahkan ke front fence saat proses upgrade di langkah selanjutnya, menjadi dekorasi baru.
Tema yang digunakan dalam ornamen tersebut akan dipindahkan ke Kodim 0606 Kota Bogor.
“Fasilitas lainnya akan dibangun, dimulai dari rumah perantara dengan perpustakaan dan lukisan para pahlawan, sehingga generasi muda lebih mengenal para pahlawan yang dimakamkan di TMP Dreded,” ujarnya *.

Artikel sebelumyaKadizbudpar: Aceh punya banyak talenta terampil
Artikel berikutnyaWagub: Membangun RTH Jakarta di Puncak Ikatan Daerah