Beranda Warganet Minggu, aturan perjalanan udara baru untuk orang asing sesuai dengan persyaratan di...

Minggu, aturan perjalanan udara baru untuk orang asing sesuai dengan persyaratan di pintu masuk mal

Jakarta (ANTARA) – Serangkaian berita kemanusiaan mulai pekan ini masih asyik dibaca pada Minggu, mulai dari Gugus Tugas Covid-19 yang mengeluarkan aturan perjalanan udara bagi orang asing, hingga persyaratan tidak adanya COVID-19 di pusat perbelanjaan sebagai perlindungan tambahan.

1. Gugus Tugas COVID-19 menerbitkan peraturan perjalanan udara untuk orang asing.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 18 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Internasional di Masa Pandemi Covid-19 yang telah disesuaikan dengan level satu hingga empat bagi WNA yang menggunakan jalur udara.

“Surat edaran ini sejalan dengan ketentuan perpanjangan Pembatasan Masyarakat (PPKM) yang berlaku efektif hari ini. Biro perjalanan wisata harus diatur agar mobilitas yang muncul tidak menjadi sumber penularan baru COVID-19,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito.

Berita selengkapnya bisa dibaca disini

2. Presiden meminta jajarannya menyusun roadmap penanggulangan pandemi COVID-19.

Presiden RI Joko Widodo meminta jajarannya segera menyusun roadmap antisipasi apakah pandemi COVID-19 akan berlangsung bertahun-tahun.

Hal itu disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadykin usai rapat terbatas dengan Presiden di Jakarta, Senin (8/9).

Berita selengkapnya bisa dibaca disini

3. Layanan kartu nikah digital tersedia di semua KUA.

Kementerian Agama mengatakan layanan kartu nikah digital tersedia dari seluruh Kantor Urusan Agama (KUA) yang telah terintegrasi dengan Sistem Informasi Manajemen Perkawinan (Simkah).

“Saat ini, hampir 100 persen KUA dapat mengakses jaringan Simkah,” kata Jajang Ridwan, Kepala Bidang Mutu, Prasarana, dan Sistem Informasi Direktorat Jenderal Pimpinan Islam Jajjang Ridwan.

Berita selengkapnya bisa dibaca disini

4. Awal penyebaran vaksin Moderna di kalangan penduduk.

Kementerian Kesehatan RI telah mulai mendistribusikan vaksin COVID-19 tipe Moderna untuk injeksi ke populasi sasaran di seluruh provinsi di Indonesia.

“Vaksin Moderna yang diperkenalkan pada minggu kedua Agustus 2021 dirancang untuk memenuhi kebutuhan dua dosis sekaligus,” kata Nadia Tarmizi, Juru Bicara Kesehatan RI untuk vaksinasi COVID-19 City.

Berita selengkapnya bisa dibaca disini

5. Kemenkes: Kondisi bebas COVID-19 di pusat perbelanjaan sebagai perlindungan tambahan.

Nadia Tarmizi, Juru Bicara Departemen Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI, mengatakan persyaratan penerbitan sertifikat COVID-19 gratis bagi pengunjung pusat perbelanjaan merupakan langkah tambahan perlindungan dari kegiatan sosial di tempat umum.

“Kebijakan ini memberikan perlindungan tambahan bagi pengunjung dan pedagang, apalagi kita tahu ada opsi Delta yang penyebarannya cepat,” kata Nadia Tarmizi kepada City.

Berita selengkapnya bisa dibaca disini

Artikel sebelumyaKementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia menumbuhkan suasana kemandirian melalui PAshow warga terpelajar.
Artikel berikutnyaPramuka binaan BPOM Gorontalo menguji 1.012 sampel makanan