jurnalpos
jurnalpos

Fungsi utama dari gudang adalah penyimpanan dan pengiriman barang sesuai kebutuhan bisnis. Oleh karena itu, aspek terpenting dalam gudang adalah bagaimana penyimpanan dilakukan. Ada berbagai metode penyimpanan dan sistem penyimpanan yang tersedia. Mari kita bahas beberapa dasar dan populer untuk mendapatkan pemahaman yang adil tentang kelebihan dan kekurangan mereka.

Block Stacking
Ini adalah salah satu bentuk penyimpanan yang sudah ketinggalan zaman di mana palet dimuat ditumpuk satu di atas yang lain pada permukaan datar, sebaiknya lantai, hingga ketinggian penyimpanan maksimum yang stabil. Palet yang tidak memerlukan peralatan penyimpanan jenis apa pun dapat diakses dengan basis LIFO (Last In First Out) dan metode ini dapat terganggu oleh honeycombing. Karena Anda dapat menyimpan hanya 3-4 tingkat maksimum dalam jenis penyimpanan ini, pemanfaatan ruang tinggi / kubik di gudang terbatas. Bahan penyimpanan tingkat bawah biasanya akan menonjol karena banyak muatan di atasnya. Oleh karena itu, kemungkinan kerusakan material dalam bentuk penyimpanan ini sangat tinggi.

Bingkai penumpuk
Dalam metode ini, kerusakan material dapat diminimalkan hingga tingkat tertentu tetapi tidak dapat dihindari. Di sini, rak palet memungkinkan dirinya tidak hanya ditumpuk, tetapi juga dipindahkan di sekitar gudang. Inilah sebabnya mengapa metode ini tidak mendukung kebutuhan untuk memiliki sistem penyimpanan yang menjulang tinggi. Di sini sekali lagi, honeycombing dapat dicapai dengan cara yang sama seperti yang dilakukan dalam kasus Block Stacking. Ini juga membatasi tingkat penyimpanan, oleh karena itu, pemanfaatan ruang kubik dikompromikan.
Rack palet Single-Deep
Ini adalah rak penyimpanan palet sederhana dan paling banyak digunakan di banyak industri. Ini memungkinkan sistem racking disesuaikan dengan memperhatikan ketinggian setiap level pemuatan. Ini memiliki kapasitas penyimpanan palet terendah dengan biaya terendah per meter persegi. Ini menyediakan aksesibilitas 100% ke semua lokasi palet. Ketika palet dihapus, itu membuat ruang tersedia untuk palet baru untuk disimpan. Meskipun sistem ini tidak menemukan masalah apa pun terkait honeycombing, sistem ini membutuhkan ruang lantai yang cukup untuk membuat lorong-lorong yang dapat dilayari.
Memutar palet ganda-dalam
Dalam sistem ini, rak palet disusun dengan cara yang sama seperti rak palet single-deep, kecuali bahwa alih-alih satu rak penyimpanan di lorong, ada dua rak yang dalam. Konfigurasi rak penyimpanan ini secara signifikan meningkatkan kapasitas penyimpanan dengan pengurangan jumlah gang. Ini membutuhkan truk jangkauan ganda atau peralatan penanganan material khusus untuk menyimpan dan mengambil palet dari rak.
Rak drive-in
Sistem rak tugas berat ini mirip dengan metode penumpukan blok dalam arti bahwa ia mengikuti metode pengambilan LIFO. Dalam sistem racking ini, palet disimpan pada rel kantilever yang dipasang pada tiang tegak. Karena forklift digerakkan ke dalam sistem penyimpanan untuk menyimpan dan mengambil palet, ia memiliki ruang terbatas untuk melakukan manuver dan meningkatkan waktu yang dibutuhkan untuk penyimpanan dan mengambil palet.
Rak multi-tier
Sistem racking ini, dibangun di berbagai tingkat, secara efisien memaksimalkan pemanfaatan ruang vertikal di gudang. Setiap tingkat penyimpanan dapat diakses dengan cara berjalan / lantai, tangga, gang utama dan lorong lintas. Gravity peluncuran, barang-barang lift dan conveyor cum mengotomatisasi gerakan barang dan karyawan gudang. Sistem penanganan ini tidak hanya memastikan pemanfaatan optimal dari ruang yang tersedia tetapi juga membantu bisnis mencapai throughput penyimpanan material dan pengambilan yang tinggi saat material ditumpuk dan dipetik pada berbagai level pada saat yang bersamaan.

Lantai mezanin
Sistem lantai mezzanine mampu mengoptimalkan operasi gudang yang ada tanpa bergantung pada ketersediaan ruang lantai yang besar. Ini adalah struktur sementara tanpa beban pada kolom bangunan. Oleh karena itu, memberikan banyak fleksibilitas untuk bisnis. Ruang tambahan yang dibuat oleh lantai Mezzanine adalah biaya efektif dibandingkan dengan struktur sipil permanen. Ruang baru dapat digunakan untuk beberapa fungsi seperti penyimpanan material, kantor, layanan nilai tambah, dll. Lebih lanjut, ruang tersebut dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan gudang unik dalam hal ruang dan operasi. Produsen lantai mezzanine memberikan solusi konsultatif yang unik untuk kebutuhan bisnis Anda.

Sejauh ini, kami telah membahas banyak sistem penyimpanan yang digunakan. Ada sistem penyimpanan dan pengambilan otomatis semi-otomatis dan sepenuhnya untuk membantu bisnis untuk mendapatkan keunggulan kompetitif. Pemilihan sistem penyimpanan sepenuhnya bergantung pada spesifikasi gudang, tujuan bisnis, dan tantangan.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here