Beranda Trending Pekan Komposer Indonesia 2021 akan tersedia secara virtual

Pekan Komposer Indonesia 2021 akan tersedia secara virtual

Jakarta (ANTARA) – Pekan Komposer Indonesia yang digagas Komite Musik Dewan Kesenian Jakarta (DKJ), secara virtual akan kembali hadir di kanal YouTube DKJ pada 6-7 November 2021.

“Pekan Komposer Indonesia diharapkan menampilkan karya-karya komposer muda yang kreatif mengikuti perkembangan zaman, namun tidak lepas dari unsur klasik atau tradisional Indonesia,” kata Adra Karim, Ketua Panitia Musik DKJ. , Kamis.

Pekan Komposer merupakan program tahunan DKJ yang dimulai pada tahun 1979 dengan nama Pekan Komposer Muda. Program ini membuka kesempatan bagi komponis/komposer muda, performer dan publik untuk saling berkomunikasi dalam forum diskusi dan mengekspresikan diri melalui karya-karyanya di atas panggung.

Sejak pertama kali diadakan pada tahun 1979 dan terakhir diadakan pada tahun 2019, Pekan Komposer Indonesia selalu berusaha menjadi wadah di mana para komposer dapat mempresentasikan penemuan dan penelitian musik terbaru mereka.

Sepanjang perjalanannya, Pekan Komposer Indonesia mampu menampilkan karya-karya monumental para komponis muda yang kemudian menjadi komponis-komponis berprestasi, antara lain Otto Sidhart, Tony Prabowo, Rahaya Supanggah dan Franky Raden.

Pekan Komposer Indonesia juga menjadi ajang bagi para komponis berpengalaman dan komponis muda, di mana mereka dapat berkomunikasi dan bertukar pikiran sehingga dapat terus mengeksplorasi dan mengembangkan berbagai metode penciptaan karya.

Selain itu, para komponis akan bertemu dengan kritikus musik dan publik untuk membahas musik yang ditampilkan, sehingga diharapkan mampu memperkaya khasanah wacana musik kontemporer di Indonesia.

“Dengan begitu, akan terjalin hubungan yang saling melengkapi antara komponis muda, pakar musik dan reviewer musik Indonesia, kemajuan musik Indonesia dalam hal kebaruan sound dan instrumen, serta apresiasi dari reviewer musik,” kata Adra.

Ia juga mengatakan bahwa target audiens acara ini adalah pelajar dari lembaga pendidikan formal dan nonformal, artis musik, kolumnis musik dan penonton yang mencintai musik.

Sejak 2019, Pekan Komposer Indonesia digelar secara internasional dengan melibatkan setidaknya tiga negara lain. Tahun ini, Komite Musik DKJ mengundang peserta dan pembicara dari berbagai negara serta dari seluruh Indonesia.

Penampil Pekan Komposer Indonesia 2021: Christian Krainchan, Jody Diamond, Gatot Danar Sulistyanto, Ario Adhianto, Jason Mountario, Marcus Rumbino, Rifal Taufani, Sraya Murtikanti, Nova Ruth x Rollfast dan Rani Jambak.

Selain pengisi acara, juga akan ada pembicara yaitu Stevie Susanto dan Patrick Hartono dalam diskusi “Musik dan Kecerdasan Buatan”, kemudian Dieter Mack, Dion Nataraja dan Marisa Sharon dalam diskusi “Bagaimana memahami ide dan pencapaian dalam komposisi musik “. “.

Artikel sebelumyaPengemudi yang mengantuk harus disalahkan atas kecelakaan mobil Vanessa Angel
Artikel berikutnyaAhli: Pengelolaan kawasan pesisir sangat penting untuk melindungi alam dan memberdayakan penduduk.