Beranda Nusantara Pemprov Kalbar Minta Pemerintah Desa Lestarikan Populasi Pohon

Pemprov Kalbar Minta Pemerintah Desa Lestarikan Populasi Pohon

tidak dapat direkayasa karena saya sudah memiliki data indeks lingkungan

Pontianak (ANTARA) – Gubernur Kalbar Sutarmiji meminta setiap desa menjaga kelestarian lingkungan dengan mendukung populasi pohon.

“Saya meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) untuk merancang program penilaian untuk desa yang paling banyak memiliki hutan atau diameter pohon terbesar. Misalnya diameter 1,5 atau 2 meter, desa mana yang paling banyak. akan mengucapkan terima kasih dan dia harus mendukungnya,” kata Sutarmijdi di Pontianak, Senin.

Dia mengatakan tidak ragu apakah pohon itu berada di hutan desa atau di tempat lain, karena populasinya akan dihitung.

“Tapi ini tidak mungkin diproyeksikan karena saya sudah punya data indeks lingkungan untuk satu desa, kami sudah memilikinya. Untuk semuanya, kami sudah memiliki 2.031 desa,” katanya.

Penilaian ini dilakukan dalam rangka melestarikan hutan. Ini adalah program Presiden Joko Widodo yang dipresentasikan di Prancis agar kita bisa membuktikan bahwa kita telah membuat kemajuan dalam pengelolaan hutan.

“Nanti akan ada desa yang paling banyak ditanami pohon. Kami juga akan berterima kasih. Ini adalah program lingkungan kita,” ujarnya.

Sutarmigi meyakini, ke depan bukan negara dengan sumber daya tambang yang mendominasi perekonomian dunia, melainkan negara yang bisa menjaga ekosistemnya.

“Tidak peduli seberapa besar ekonomi dibangun, tetapi lingkungan diabaikan, negara tidak memiliki nilai untuk pertambangan di masa depan karena perubahan iklim tergantung pada negara. Negara yang bisa mendukung ekosistemnya bisa menjualnya ke dunia,” kata Sutarmigi. …

GAIA Bumi Raya telah menyumbangkan lebih dari 10.000 bibit pohon kepada pemerintah provinsi Kalimantan Barat. ANTARA / HO-GAIA

Artikel sebelumyaJalan menuju lokasi wisata Kedung Pedut di Kulon Progo terhalang longsor.
Artikel berikutnyaBMKG: Waspadai peningkatan jumlah sambaran petir saat musim hujan.