Beranda Hukum Polisi Terima Satu Laporan Akses Ilegal ke BRI Life

Polisi Terima Satu Laporan Akses Ilegal ke BRI Life

Kami baru saja menerima satu laporan masuk secara ilegal ke dalam sistem informasi perusahaan, yang dilaporkan oleh seorang karyawan swasta.

Jakarta (ANTARA) – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menerima laporan publik terkait akses ilegal terkait pembobolan data nasabah BRI Life.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri Brigjen Rusdi Hartono usai dikonfirmasi di Jakarta, Minggu, mengatakan pelapor adalah pegawai swasta.

“Kami baru saja menerima satu laporan tentang percobaan masuk secara ilegal ke sistem informasi perusahaan, yang dilaporkan oleh seorang karyawan swasta,” kata Rusdi.

Rusdi tidak memberikan rincian penyelidikan polisi terhadap pembobolan data BRI Life, namun penyidik ​​masih mendalami laporan tersebut.

Belum diketahui apakah akan ada pihak yang akan dimintai klarifikasi atas laporan tersebut.

“Tidak diragukan lagi penyidik ​​masih mendalami kasus ini,” kata Rusdi.

Sebelumnya, Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Brigjen Helmi Santika mengatakan pihaknya menerima informasi melalui media, saat ini sedang dilakukan penyelidikan.

“Sumber informasi bisa dari mana saja. Termasuk dari wartawan. Saya mendapat informasi dari Pak Joshua baru kemarin. Saat ini kami sedang melakukan investigasi, mengecek keakuratan informasi dengan semua pihak. Setelah itu akan kami selidiki,” kata Helmi.

Dugaan pelanggaran data nasabah BRI Life terjadi ketika pengguna RaidForums mengaku menjual 460.000 dokumen yang dikumpulkan dari 2 juta nasabah BRI Life seharga $7.000 (US$) atau sekitar Rs 101 juta (kurs Rs 14.485,20).

Pelanggaran data BRI Life tersebut diunggah ke akun Twitter Alon Gal (@UnderTheBreach) pada Selasa (27/7). Dalam sebuah tweet, pemilik saya mengatakan bahwa peretas memiliki data 2 juta pelanggan BRI Life dan 463.000 dokumen senilai $ 7.000.

Ketersediaan informasi ini diverifikasi oleh Departemen Reserse Kriminal Polri untuk penyelidikan.

Artikel sebelumyaSaudara-saudara Russo melakukannya "pria abu-abu" dengan Chris Evans
Artikel berikutnyaKapolri: program vaksinasi sangat penting