Beranda News Presiden Lantik Gubernur Jambi – Wakil Gubernur 2021-2024

Presiden Lantik Gubernur Jambi – Wakil Gubernur 2021-2024

Jakarta (ANTARA) – Presiden Joko Widodo melantik Al Haris dan Abdullah Sani sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi periode 2021-2024.

‚ÄúDemi Allah, saya akan menunaikan tugas sebagai Gubernur, Wakil Gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, tunduk pada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan dengan tegas mentaati segala peraturan perundang-undangan. Sebisa mungkin, dan mengabdi kepada masyarakat, nusa dan bangsa,” kata Al Haris dan Abdullah Sani di Istana Negara, Jakarta, Rabu.

Al Haris dan Abdullah Sani mengenakan seragam gubernur putih dan topeng ganda saat dilantik di bawah Presiden Jokovi.

Sebelum diambil sumpah, keduanya telah menerima Keputusan Presiden Nomor 93 P Tahun 2021 tanggal 2 Juli 2021 yang mengesahkan dan mengangkat Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi periode 2021-2024 di Istana Merdeka.

Dari Istana Merdeka, Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Maaruf Amin, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Al Haris dan Abdullah Sani, beserta Paspampra memimpin arak-arakan sederhana menuju Istana Negara dengan tetap menjaga jarak.

Sejumlah undangan hadir dalam pelantikan tersebut, antara lain Wakil Presiden Maaruf Amin, Menko Polhukam Mahfoud, Mendagri Tito Carnavian, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Usai sumpah jabatan, Al Haris dan Abdullah Sani beserta kawan-kawan berfoto bersama dan mendapat ucapan selamat dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin.

KPU Provinsi Jambi mengangkat Al Haris dan Abudlla Sani sebagai gubernur pada 12 Juni 2021, dan Wakil Gubernur Jamib terpilih setelah keduanya memperoleh suara terbanyak melalui pemungutan suara ulang (PSU).

PSO digelar di 88 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 15 kecamatan di lima kabupaten menyusul putusan Mahkamah Konstitusi (COP) dalam gugatan menyusul hasil Pilkada Jambi.

Al Haris dan Abdullah Sani mencetak 600.733 suara di PSU, mengungguli saingan mereka, kandidat nomor 1 Seka Endra-Ratu Munavarokh, yang menerima 587.918 suara, dan kandidat nomor 2 Fakhrori-Syafril, yang menerima 381.634 suara.

Diketahui, Al Haris pernah menjabat Bupati Merangin selama dua periode, yakni pada 2013-2018 dan 2018-2021, serta Abdullah Sani menjadi wakil walikota Jambi periode 2013-2018.

Pada Pilkada Jambi 2020, keduanya digelar oleh PKB, PAN, dan PKS.

Artikel sebelumyaRobert Downey Jr. "berhenti berlangganan" semua rekan-rekannya di Marvel
Artikel berikutnyaIndonesia memiliki potensi "karbon biru" untuk mengurangi dampak perubahan iklim