Beranda News Presiden: Songsong 2022 semangat membangun Indonesia

Presiden: Songsong 2022 semangat membangun Indonesia

Jakarta (ANTARA) – Presiden RI Joko Widodo (Jokovi) mengajak semua pihak merayakan 2022 dengan semangat dan karya baru untuk kemaslahatan Indonesia maju.

Presiden Jokovi mengatakan semua cobaan seperti pandemi COVID-19, kelesuan ekonomi dan ketidakpastian yang tinggi telah membentuk bangsa Indonesia pada tahun 2021.

“Dengan itu, kita sambut 2022 dengan semangat baru berkarya untuk Indonesia Maju,” ujarnya yang diunggah ke akun Instagram resminya @jokowi, dikutip Sabtu di Jakarta.

Semua ujian tahun 2021 telah menguatkan dan menggalang rakyat Indonesia, kata Djokovi.

“Semua cobaan ini telah menciptakan bangsa yang besar ini. Kuatkan kami. Itu menyatukan kita, ”tulisnya.

Dalam unggahan sebelumnya pada Jumat (31/12), Presiden Djokovi mengatakan sepanjang tahun 2021 bangsa Indonesia akan bergulat dengan dua tantangan besar, yakni memutus rantai virus dan menjaga ekonomi tetap tumbuh.

Presiden Jokovi mengatakan pandemi dan ekonomi seperti dua tubuh di ujung goyangan yang perlu dijaga keseimbangannya. Menurutnya, sejauh ini pandemi telah melambat.

“Rumah sakit sekarang lebih bebas merawat pasien dengan penyakit non-COVID-19. Ini semua karena peran kita dalam mematuhi protokol kesehatan dan memperkuat vaksinasi,” jelasnya.

Kepala negara menegaskan, dari 208 juta dosis vaksin per 30 Desember, Indonesia telah memperkenalkan sekitar 273 juta dosis vaksin, termasuk 160 juta dosis vaksin pertama dan lebih dari 113 juta dosis vaksin penuh.

Sementara itu, menurut presiden, ekonomi berada di ujung yang lain.

Indonesia telah mengalami resesi tanpa pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan ekonomi yang melambat di banyak sektor dan ketidakpastian yang tinggi di hampir semua bidang. Namun, dengan semangat dan kerja keras, bangsa Indonesia bertahan.

“Pada triwulan II tahun 2021, ekonomi Indonesia akan tumbuh sebesar 3,51 persen (YoY). Di sisi lain, pandemi telah mendorong menuju dunia baru: peradaban digital. Perdagangan elektronik (online commerce, -red), misalnya, tahun ini mencapai Rp 24,8 miliar,” ujarnya di akun Instagram @jokowi.

Artikel sebelumyaJAY B sedang bersiap untuk merilis EP berjudul Def. pada Januari 2022
Artikel berikutnyaPolisi bubarkan warga yang merayakan Tahun Baru di Ambon