Beranda Warganet Rektor UII: Mahasiswa jangan terlena dengan public speaking

Rektor UII: Mahasiswa jangan terlena dengan public speaking

Masa depan bukan milik mereka yang hanya bisa mengikuti narasi publik seperti buih.

Yogyakarta (ANTARA) – Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta Profesor Fathul Wahid meminta mahasiswa tidak terbawa narasi publik sehingga perlu dilatih menjadi pemikir yang mandiri.

“Masa depan bukan milik mereka yang hanya bisa mengikuti narasi publik seperti buih,” kata Fathul saat kuliah pengantar virtual untuk mahasiswa baru Universitas Islam Indonesia 2021 di Yogyakarta, Rabu.

Menurutnya, masa depan akan ditandai dengan membanjirnya data yang dikirimkan atau sejumlah besar data yang menunggu untuk diasimilasi.

“Oleh karena itu, Anda juga memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan literasi informasi dengan membiasakan diri mengenali pola dan mempelajari makna data,” ujarnya kepada para siswa.

Mahasiswa harus bisa mengasah kreativitasnya agar dapat menciptakan inovasi yang dapat menjawab tantangan zaman yang terus berubah, ujarnya.

“Masa depan tidak akan bersahabat dengan masa sekarang. Apa yang cukup untuk saat ini kemungkinan akan menjadi usang untuk masa depan, ”katanya.

Dia mengatakan bahwa tidak ada tempat di kehidupan masa depan bagi mereka yang berpikiran sempit dan fokus pada kondisi lokal, sehingga mereka perlu mempersiapkan diri untuk menjadi warga dunia. “Nantikan peluang mobilitas global,” katanya.

Selain kemampuan berpikir global, kata Fathul, mahasiswa juga meningkatkan literasi dan keterampilan teknologi, mengingat masa depan tidak menyisakan ruang bagi mereka yang melek teknologi.

“Ini seharusnya tidak menjadi masalah bagimu. Anda adalah penduduk asli teknologi digital, yang untuknya berbagai teknologi informasi telah tersedia sejak lahir, ”kata Fathul Wahid.

Artikel sebelumyaPeneliti CSPS: Partai politik belum memutuskan koalisi 2024
Artikel berikutnyaICW berharap Kapolri memperhatikan aduan Lily Pintauli Siregar.