Beranda Nusantara RI Optimalkan Potensi Mangrove Untuk Memenuhi Target Emisi GRK

RI Optimalkan Potensi Mangrove Untuk Memenuhi Target Emisi GRK

Penyerapan karbon dari ekosistem mangrove sangat penting untuk mencapai NDC kami.

Jakarta (ANTARA) – Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alu Dohong menjelaskan, Indonesia sedang mengoptimalkan potensi karbon di ekosistem mangrove untuk mencapai tujuan penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) yang dituangkan dalam Kontribusi Bertekad Nasional (NDC).

“Sekuestrasi karbon ekosistem mangrove sangat penting untuk mencapai NDC kita,” kata Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue dalam konferensi pers virtual Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diadakan di Jakarta, Senin.

NDC merupakan komitmen masing-masing negara terhadap perubahan iklim yang dituangkan dalam Perjanjian Paris.

Menurut Alue, meski saat ini carbon blue atau karbon biru tidak dimasukkan dalam perhitungan NDC Indonesia, tetapi akan diintegrasikan ke depan, termasuk untuk emisi dan serapan.

Data teknis luasan mangrove akan diupdate untuk mengetahui tingkat tutupan vegetasi ekosistem mangrove di Indonesia.

Selain itu, inventarisasi karbon akan dilakukan baik di atas permukaan maupun di bawah tanah, serta pada elemen tanah ekosistem mangrove itu sendiri.

“Kami akan melakukan inventarisasi untuk menentukan apa yang disebut potensi karbon,” kata Elu.

Faktor emisi juga akan diperhitungkan jika ekosistem mangrove diubah menjadi peruntukan lain seperti tambak.

“Semua ini akan kami hitung dan mengintegrasikannya ke dalam NDC kami, karena ekosistem mangrove memiliki banyak potensi karbon untuk mengendalikan perubahan iklim dan mencapai NDC kami,” kata Alu.

Menurut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, luas mangrove di Indonesia saat ini 3,361 juta hektar dengan kondisi tutupan yang berbeda-beda, dan ekosistem mangrove telah bertransformasi menjadi seluas sekitar 700 ribu hektar.

Artikel sebelumya"Bar halus", film baru dari George Clooney
Artikel berikutnyaFilm yang meraih nominasi Piala Citra FFI 2021.