jurnalpos
jurnalpos

Di seluruh dunia, penerbangan komersial, militer, dan pribadi memiliki satu kesamaan: puing benda asing – atau FOD. Menurut Asosiasi Transportasi Udara Internasional, pada tahun 2015 lebih dari 3,5 miliar orang terbang dengan aman di 37,6 juta penerbangan, tidak termasuk kargo udara, penerbangan pribadi atau militer. Setiap penerbangan memiliki potensi untuk terkena dampak oleh FOD. FOD itu nyata. FOD berbahaya. FOD bisa dikelola.

Apa yang menyebabkan FOD?

FOD berasal dari banyak sumber, yang membuatnya sulit mempertahankan operasi lapangan udara yang aman 100 persen dari waktu. Ini dapat dihasilkan oleh karyawan, infrastruktur bandara, lingkungan dan peralatan pendukung atau kendaraan yang beroperasi di lapangan terbang. Pesawat militer yang beroperasi di luar negeri juga dapat menghadapi fasilitas di bawah standar atau kondisi lain di luar kendali mereka.

Jenis FOD

FOD adalah segala sesuatu di landasan pacu, taxiway, atau jalur penerbangan dengan potensi yang akan diledakkan oleh pembuangan atau dicerna oleh mesin. Ini hanya beberapa contoh:

Kacang-kacangan, baut dan mesin cuci
Suku cadang pesawat
Alat-alat
Lencana, pena, dan pensil karyawan
Bahan runway atau taxiway
Puing-puing konstruksi
Tumbuhan atau satwa liar
Dengan begitu banyak tipe potensi FOD, kontrol FOD harus komprehensif dan wajib.

Biaya FOD

Biaya perbaikan FOD bisa signifikan. Mesin yang rusak FOD dapat dengan mudah melebihi $ 1 juta, atau 20 persen dari harga pembelian aslinya. Biaya tidak langsung lainnya mungkin termasuk:

Penundaan dan pembatalan penerbangan, menyebabkan hilangnya pelanggan
Jadwalkan gangguan yang disebabkan oleh pemosisian ulang pesawat dan kru
Kewajiban potensial karena cedera
Pekerjaan tambahan untuk staf maskapai penerbangan
Kontrol FOD

Di Pusat Pengiriman Boeing di Everett, WA, teknisi perawatan pesawat berjalan di bagian kios mereka dari garis penerbangan di awal setiap shift mencari FOD. Maskapai melakukan sesuatu yang serupa. Kontrol FOD adalah praktik keselamatan dan bisnis yang baik dan diperlukan oleh Federal Aviation Administration di Amerika Serikat dan badan pengatur serupa lainnya secara global. Program pengendalian FOD yang efektif umumnya berfokus pada empat bidang utama: pencegahan, deteksi, penghapusan dan evaluasi.

Penghapusan FOD

Ada banyak jenis peralatan untuk kontrol dan penghapusan FOD. Namun, salah satu opsi terbaik dan paling hemat biaya adalah FOD * BOSS. Ini mengumpulkan puing-puing hanya menggunakan kekuatan gesekan terhadap aspal dan serangkaian sikat yang dirancang khusus yang meraup FOD dan menahannya di zona menangkap jala kosong yang mudah. The FOD * BOSS mengumpulkan semua jenis puing yang ditinggalkan oleh sapu hisap dan vakum, dari benda-benda logam besar ke pasir yang sangat halus.

Dengan lebar sapuan 8 kaki, 16 kaki atau 24 kaki, dapat membersihkan hingga 3 juta kaki persegi per jam, dengan kecepatan dari 4 hingga 25 mph. Operasi non-mekanis dan kemampuannya untuk digandeng oleh baterai atau kendaraan bertenaga listrik berarti itu adalah salah satu jenis di industri menyapu lapangan udara. The FOD * BOSS sekarang peralatan standar di bandara internasional, pangkalan militer dan landasan pesawat di seluruh dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here