SEMARANG  –  Target tinggi disematkan untuk Semarang Great Sale (Semargres) 2018. Nominal transaksi yang dibidik mencapai Rp250 miliar. Event ini resmi diluncurkan di Tinjomoyo, Semarang, Minggu (8/4). Semargres akan berlangsung hingga 6 Mei.

“Semargres tahun ini cari suasana berbeda. Kebetulan momentumnya bersamaan dengan peresmian Pasar Semarangan di Tinjomoyo. Sekalian meramaikan kawasan ini. Kami juga ingin mengenalkan Pasar Semarangan lebih luas kepada masyarakat,” ungkap Ketua Panitia Semarang Great Sale 2018, Mei Kristanti, Senin (9/4).

Mengenai target Rp250 miliar, menurut Mei, hal tersebut cukup realistis. Sebab, antusiasme yang ditunjukan oleh publik sangat besar. “Target transaksi tahun ini ada diangka Rp250 miliar. Kami yakin bisa mewujudkan target. Respon publik terhadap Semargres sangat besar,” lanjutnya.

Demi merealisasikan target, 1.500 peserta dari berbagai sektor bisnis pun digandeng. Mereka itu berasal dari PHRI sebanyak 33 hotel, APPS sekitar 10 toko, lalu 5 Mall angota APBI. Angkasa Pura juga mengirimkan 18 peserta. Dari sektor transportasi ada Garuda Indonesia, Citilink, dan PT. KAI. Semargres juga memberi slot bagi 21 anggota Aprindo. “Kami juga melibatkan masyarakat dalam event ini,” ujarnya lagi.

5 Pasar tradisional di Kota Semarang pun dilibatkan. Diantaranya Peterongan, Bulu, hingga Pedurungan. Mereka juga menyertakan PKL dari paguyuban.

“Semua elemen akan dilibatkan dalam event ini. Bagaimanapun, kami ingin membangun citra kota dan perekonomian. Sebab, kami juga harus memberikan kontribusi yang riil bagi PAD,” kata Mei lagi.

Acara Semargres 2018 cukup padat. Beberapa kegiatan yang menjadi andalan diantaranya Semarang Hits Market, 26-29 April. Lokasinya ada di DP Mall. Agenda yang disajikan pameran atau bazaar UMKM hingga kuliner. Ada juga Designer Great Sale di Paragon Mall mulai 20-30 April. Untuk closing ceremony tetap digelar di Pasar Semarangan, Tinjomoyo.

“Schedule cukup padat. Konsepnya dibuat berbeda. Untuk besaran diskon yang ditawarkan bisa dilihat pada aplikasi. Sebab, sekarang semua diarahkan ke digital. Kami memanfaatkan teknologi,” terang Mei lagi.

Dijelaskannya, semua informasi terkait Semargres bisa didapatkan melalui aplikasi di Play Store dan App Store. “Kami sekarang pakai kupon digital. Untuk info diskon dan lainnya bisa dilihat di aplikasi. Di situ lengkap, termasuk besaran diskonnya,” tuturnya lagi.

Untuk mewujudkan target besar transaksi tersebut, beberapa treatment diterapkan untuk menarik minat pengunjung. Ada beragam hadiah seru yang disiapkan pengelola Semarang Great Sale. Yaitu berupa 2 mobil dan 15 sepeda motor. Hadiah berupa tiket perjalanan juga diberikan oleh pelaku jasa transportasi.

“Kami siapkan 2 mobil dan 15 sepeda motor bagi mereka yang beruntung. Hadiah ini diharapkan akan memacu pengunjung untuk aktif bertransaksi. Sebab, semakin banyak dia bertansaksi, peluang untuk mendapatkan hadiah utama sangat terbuka. Yang jelas, kami juga ingin berbagi kegembiraan dengan penunjung,” ujar Mei.

Demi mengoptimalkan jumlah kunjungan, beberapa strategi pun disiapkan. Semarang Great Sale 2018 juga melibatkan peran Gerakan Pesona Indonesia (GenPI) Jawa Tengah. Terkenal sebagai laskar digital, GenPI juga akan memviralkan Semargres di media sosial. GenPi Jawa Tengah juga memiliki tugas melakukan sosialisasi terkait penggunaan kupon digital.

“Kami tetap melibatkan GenPI Jawa Tengah untuk melakukan promosi. Berbagai informasi juga mereka lakukan. Harapannya berbagai hal menyangkut Semargres bisa diserap oleh masyarakat luas,” katanya lagi.

Peluncuran Semarang Great Sale tahun ini mendapat perhatian Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Menpar menegaskan, even Semargres bisa menjadi solusi untuk menaikan jumlah kunjungan wisatawan.

“Event-event seperti bagus untuk menarik wisatawan. Kalau kunjungan wisatawan berjalan, maka tingkat perekonomian masyarakat akan bergerak bagus. Banyak pihak yang diuntungkan dengan event-event seperti ini,” pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here