Prosedur perbaikan rotator cuff biasanya dilakukan secara arthroscopically. Manfaat memperbaiki rotator cuff dengan cara ini dibandingkan dengan operasi terbuka meliputi;

Kurang sakit
Kemanjuran
Sayatan kecil
Trauma minimal pada jaringan lunak
Risiko infeksi berkurang
Luka parut minimal
Mempersingkat periode pemulihan
Mobilisasi yang kondusif
Lebih cepat kembali bekerja dan olahraga

The Rotator Cuff of Your Shoulder

Manset rotator adalah sekelompok tendon atau otot di dalam sendi bahu. Pekerjaan mereka adalah memberikan dukungan atau energi yang diperlukan saat seseorang memutar atau mengangkat lengan. Dengan kata lain, pekerjaan manset rotator adalah untuk memfasilitasi jangkauan gerak yang lebih luas.

Secara alami, tendon ini menjadi lebih tipis dan insidensi mereka untuk ruptur meningkat seiring pertambahan usia. Cedera pada tendon ini digambarkan sebagai ‘Rotator Cuff Tears’. Air mata ini adalah penyebab umum rasa sakit di semua kelompok usia, tetapi pada pasien yang lebih muda, ruptur mereka dikaitkan dengan trauma yang signifikan.

Rotator Air Mata Manset atau Pecah

Robekan rotator cuff biasanya terjadi di persimpangan tempat otot dan tendon bertemu. Ini pada dasarnya adalah bagian di mana otot masuk ke tulang. Air mata atau pecah ini dapat terjadi akibat penggunaan berulang dari lengan, umumnya untuk kegiatan di atas kepala.

Kecelakaan dan cedera adalah penyebab lain dari robekan rotator cuff. Robekan rotator cuff yang lengkap tidak dapat memperbaiki diri sendiri dan untuk memulihkan bahu ke fungsi normal, operasi penggantian bahu di India diperlukan.

Gejala & Diagnosis

Rotator cuff rupture dapat memicu hal-hal berikut;

Sakit parah
Sensasi yang berderak
Kelemahan lengan
Kelembutan di depan bahu
Pembengkakan
Kekakuan
Terlepas dari pemeriksaan fisik, air mata rotator cuff biasanya didiagnosis dengan bantuan MRI ‘Magnetic Resonance Imaging’. Tingkat kerusakan akan dipastikan untuk mengidentifikasi kemungkinan pendekatan perawatan.

Catatan: Direkomendasikan agar Anda menemui dokter ortopedi setelah Anda mencurigai robekan rotator cuff. Ini karena perawatan yang tidak tepat waktu dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut dan ini juga dapat mempengaruhi hasil operasi.

Perawatan konservatif ‘Non-Bedah’ untuk Air Mata Manset Rotator

Pendekatan perawatan ini efektif untuk robekan cuff yang lebih kecil atau parsial. Paket perawatan umumnya terdiri dari;

Beristirahat
Obat Nyeri
Suntikan steroid
Bahu Sling
Latihan Rehabilitasi
Arthroscopic Rotator Cuff Repair dari Sendi Bahu

Knob rotator cuff tentu membutuhkan intervensi bedah jika sedang dan di luar. Bedah artroskopi dilakukan di bawah anestesi dan umumnya memakan waktu 2 jam.
Insisi kecil sekitar 1 cm akan dibuat dan selama prosedur, arthroscope digunakan.
Dokter bedah awalnya akan memangkas tulang akromion dan ligamentum korako-acromial dihilangkan ‘dihilangkan’.
Sebagian kecil tulang dikeluarkan dari klavikula jika sendi acromioclavicular didiagnosis dengan arthritis. Setelah itu, rotator cuff dievaluasi dan diperbaiki menggunakan arthroscope.
Jahitan akan melewati tendon dan terakhir diikat. Seluruh prosedur dipandu oleh gambar yang dihasilkan dari sendi bahu Anda di layar.
Pemulihan Paska-op ‘Setelah Perbaikan Manset Rotator’

  Ini umumnya merupakan prosedur rawat jalan, tetapi perlu waktu agar mati rasa menghilang.
Pasien harus berjalan-jalan selama dia mampu melakukannya dan dia tidak boleh mengangkat apa pun menggunakan lengan setelah operasi.
Selempang bahu diperlukan selama tiga minggu pertama operasi Anda.
Dokter bedah dan fisioterapis Anda akan merencanakan rehabilitasi Anda ‘latihan’ seperti yang terlihat.
Anda harus kembali ke dokter ortopedi untuk evaluasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here