BATU BARA – Pariwisata Sumatera Utara (Sumut) memasuki era baru. Cruise Superstar Libra sukses bersandar di Pelabuhan Kuala Tanjung, Kabupaten Batu Bara, Kamis (5/4), pukul 05.55 WIB. Hadirnya kapal pesiar ini jadi sinyal positif kelayakan infrastruktur jalur laut baru dari Kuala Tanjung.

“Kedatangan Superstar Libra ini diantaranya untuk trial bagaimana kapal ini bersandar. Pelabuhan ini masih baru. Secara teknis tidak ada masalah. Semua bagus dan lancar. Moment ini kedepannya sangat penting,” ungkap Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo, Kamis (5/4).

Turut hadir pada acara penyambutan ini ialah Wakil Gubernur Sumatera Utara Nur Manurung, Dirut Pelindo I Bambang Cahyana, Adil Anwar (wakil ketua DPD Asita), Kabid Infrastruktur Pariwisata Bahari Kemenkominfo, Velly Asvaliantina, Kepala Bea Cukai Kualatanjung Yudi Darmanauli.

Saat ini Pelabuhan Kuala Tanjung memasuki fase finishing dengan penambahan beberapa infrastruktur pendukung untuk membuat Pelabuhan ini menjadi layak berstandar Internasional. Adalah moment yang penting, kedatangan Superstar Libra hari ini membawa lebih dari 700 wisman didominasi paspor Malaysia, Singapura, hingga Australia. Sejumlah 280 Wisman diantaranya turun dari kapal dan ikut menikmati wisata lokal.

Usai menjejakan kaki di Pelabuhan Kuala Tanjung, para wisman ini menjalani prosedur administrasi normal sesuai SOP. Barang-barang bawaan para wisman pun dimasukan ke dalam mobile x-ray untuk diperiksa.

Layanan imigrasi on board ini memang menjadi suatu keharusan melengkapi pelayanan prima kepada pariwisata untuk mengantisipasi barang bawaan terlarang seperti narkoba atau senjata tajam berbahaya. “Pemeriksaan imigrasi dan bea cukai tetap normal dengan peralatan portable. Yang jelas wisatawan enjoy,” terangnya.

Hanya dibutuhkan beberapa menit di antrian Customs sebelum akhirnya rombongan wisatawan Cruise mendapat sambutan hangat dari tuan rumah. Rombongan tamu mancanegara ini lalu disuguhi Tarian Persembahan Melayu dari Dinas Pariwisata Kab.Batubara.

Sambutan hangat khas adat Batak dengan pemberian ulos merah sebagai cendera mata, lalu ada t-shirt dengan logo Garuda Pesona Indonesia lengkap dengan topinya juga diberikan. “Semoga mereka berkesan dengan suasana di sini. Sebab, mayoritas para wisman khususnya yang berasal dari Malaysia dan Singapore ini lebih sering ke Medan dan sudah familiar dengan culture kita” tutur Arie lagi.

Dengan konvoi menggunakan bus, para wisatawan lalu bergerak mengikuti rangkaian beragam kemeriahan yang sudah disiapkan secara ekslusif oleh Panorama dan beberapa Agent lainnya. Mereka menikmati wisata belanja di beberapa destinasi. Ada beragam produk unik dan menarik yang ditawarkan kepada wisman. Belum lagi, harganya super murah. Mereka juga terlihat enjoy menikmati beragam kuliner yang disajikan.

“Mereka mengunjungi beberapa pusat keramaian. Rata-rata wisatawan yang datang lebih senang dengan wisata shopping dan kuliner. Para wisman ini sangat familiar dengan suasana di sini, yang mirip dengan daerah asalnya” katanya.

Dalam dua minggu kedepan, rute yang sama akan dilakukan kembali oleh Cruise ini dengan itenery yang sama. Pariwisata Sumatera Utara dan Danau Toba kembali berdenyut di awal trimester kedua ini. Selamat datang di Indonesia.

Divisi Komunikasi
Badan Pelaksana Otorita Danau Toba

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here