Beranda Warganet Tim mahasiswa Unhas raih medali emas di ajang WICE

Tim mahasiswa Unhas raih medali emas di ajang WICE

Judul karya ini kami pilih sebagai seorang anak nelayan yang saat ini sedang melakukan observasi di sebuah kelompok nelayan.

Makassar (ANTARA) – Tim mahasiswa Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan berhasil meraih medali emas pada ajang World Invention Competition and Exhibition 2021 yang diselenggarakan oleh pemuda Indonesia. Asosiasi Ilmuwan bekerjasama dengan SEGi University and Colleges, Malaysia.

Anggota tim Unhasa Ahmad Satari Idris di Makassar, Jumat menjelaskan, pihaknya telah mengusulkan karya terobosan “Mata Magnetik Ikan Sebagai Alat Pengumpul dan Deteksi Ikan untuk Meningkatkan Hasil Tangkapan Nelayan”.

Unhas mengirimkan tim untuk mengikuti kompetisi tersebut, antara lain Ahmad Satari Idris (Pemanfaatan Perikanan), Mutmainna Hasan (Pemanfaatan Perikanan), Ahmad Nabil al-Ashad (Pengelolaan Sumber Daya Air), Ahmad Dodhi Putrani Vido (Pengelolaan Sumber Daya Air).

Karya inovatif ini merupakan modifikasi dari beberapa kombinasi alat bantu mancing yaitu light fishing, rumpon dengan penarik rafia dan echo sounder dengan tambahan Arduino yang mempermudah pengontrolan keberadaan magnet ikan.

“Kami memilih judul karya ini: seorang anak nelayan yang kini sedang mengamati dalam kelompok-kelompok nelayan,” ujarnya.

“Kami memiliki beberapa kendala yang mereka hadapi, seperti sulitnya mengumpulkan dan mengidentifikasi keberadaan ikan, yang tentunya mempengaruhi hasil tangkapan,” lanjut Satari.

Nelayan ini menggunakan alat bantu penangkapan yaitu rumpon konvensional dan penangkapan ikan ringan dengan penetrasi cahaya rendah.

Oleh karena itu, Satari dan timnya berinovasi untuk menggabungkan kedua alat tangkap tersebut, mengubah teknologi menjadi lebih canggih dan tahan lama.

Selain itu, Satari mengatakan bahwa dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti event internasional, ia mengumpulkan penelitian dengan lebih banyak membaca literatur, melakukan diskusi dan rutin berlatih dalam presentasi.

Keikutsertaan tim FIKP Unhas dalam World Invention Competition and Exhibition (WICE) 2021 yang bertujuan untuk memperluas pengetahuan dan pengalaman, serta meningkatkan dan mengembangkan potensi diri di bidang keilmuannya.

Selain itu, acara ini juga merupakan kesempatan berharga bagi mahasiswa perikanan untuk berkontribusi bagi perikanan Indonesia dan bermanfaat bagi para nelayan.

“Kami berharap dengan berkembangnya karya inovatif ini dapat meningkatkan hasil tangkapan para nelayan, yang tentunya juga dapat meningkatkan pendapatan. Kontribusi yang kita berikan kepada nelayan diharapkan dapat mempermudah dalam mendeteksi keberadaan ikan dan mengumpulkan ikan,” tutup Satari.

World Invention Competition and Exhibition (WICE) 2021 merupakan platform pembelajaran untuk mendidik para penemu muda berbakat yang aktif mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan, penemuan dan inovasi, khususnya di bidang sains.

Acara WICE dirancang untuk mengetahui seberapa cerdas, berpengetahuan dan mampu para peserta dalam menerapkan pengetahuan ilmiah mereka secara inovatif melalui karya inovatif.

Artikel sebelumyaOtoritas Pendidikan Kota Bogorsk menyumbangkan 200 sekolah untuk berpartisipasi dalam uji coba PTM
Artikel berikutnyaKawasan Wisata Senggigi – gelap gulita