Beranda Hukum Unit Jibom Siaga Rayakan Natal dan Baru 2022 di Palu

Unit Jibom Siaga Rayakan Natal dan Baru 2022 di Palu

Kemungkinan besar, kami juga akan memperingatkan pelaku bom untuk bangunan keagamaan prioritas di kota Palu.

Kota Palu (ANTARA) – Tim Penjinak Bom (Jibom) Brigade Mobil (Brimob) Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah (Sulteng) juga disiagakan saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2022 di tempat-tempat ibadah prioritas di Kota Palu.

“Kemungkinan besar kami juga akan melatih unit-unit pengebom di tempat-tempat ibadah prioritas di Kota Palu,” kata Muhammad Hasbi S.I. Labudu usai disterilisasi di Gereja Toraja Palu, Jumat sore.

Ia menjelaskan, sebelum memberikan teguran kepada unit Jibom, pihaknya memprioritaskan sterilisasi 16 gereja pada Jumat sore. Sterilisasi dilakukan oleh tiga tim di Palu dan Pozo Regensi, dua tim 15 orang di Palu dan satu tim lima orang di Pozo Regensi.

Dalam proses sterilisasi, petugas Brimobda Polda Sulawesi Tengah menggunakan metal dan mirror detector untuk menyapu setiap sudut gedung gereja. Bahkan anjing pelacak atau unit K9 termasuk dalam antisipasi gereja yang masuk dalam kategori prioritas ini.

Sementara itu, di luar gereja, mobil dan barang-barang di sekitar kawasan tak luput dari pengawasan petugas. Sterilisasi ini dimaksudkan untuk mengantisipasi dan memberikan suasana yang kondusif bagi perayaan Batal bagi Umat Kristiani pada Sabtu (25/Desember) besok.

“Tim kami di Poso sedang berkoordinasi dan mensterilkan ini dengan Polres Poso,” ujarnya juga.

AKP Muhammad Hasbi mengingatkan warga Palu untuk selalu saling mendukung dalam setiap perayaan kegiatan keagamaan masing-masing komunitas, karena persaudaraan terjalin tidak hanya ketika memiliki keyakinan yang sama, tetapi juga persaudaraan sesama dan sebangsa.

“Kita jaga perdamaian di Kota Palu, kita berharap perayaan Natal dan Tahun Baru besok lancar, tertib dan aman,” ujarnya.

Puluhan gereja telah disterilisasi, antara lain Gereja Immanuel, Gereja Ecclesia, Gereja Toraja Elim di Palu, Gereja Pantekosta, Gereja St. Paulus dan Gereja Bala Keselamatan, dan Gereja Santa Maria.

Kapolres AKBP Palu Bayu Indra mengatakan 705 personel dikerahkan untuk merayakan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di kota Palu.

Personel gabungan yang akan dilibatkan dalam pengamanan Natal 2021 dan perayaan Baru 2022 tersebut berasal dari TNI AD Kodim 1306/ Donggala, Satpol PP Kota Palu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palu, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palu, Palu. Senkom, BPBD Kota Palu, Basarnas Kota Palu dan sejumlah pemangku kepentingan lainnya.

Dia menjelaskan, pengoperasian Lilin Tinombala akan mempekerjakan sekitar 705 karyawan pada 2021-2022, serta 250 karyawan dari beberapa instansi terkait di kota Palu.

Artikel sebelumyaPendataan 88 Tindakan Anti Terorisme Ditangkap 370 Tersangka Teroris Selama 2021
Artikel berikutnyaWapres Puji Kerja Damai dan Damai Muktamar NU ke-34