Vitiligo bukan kondisi kulit yang mengancam jiwa tetapi terkait dengan berbagai disfungsi psikologis dan masalah kecantikan. Studi mengungkapkan bahwa vitiligo saat ini mempengaruhi 2% populasi dunia dan harus tulus, persentase korban anak tidak termasuk. Meskipun sering terlihat pada orang dewasa, vitiligo sama mempengaruhi anak-anak sedini 4 tahun.

Onset vitiligo, terutama pada anak-anak umumnya keliru untuk reaksi kulit (alergi), kulit terbakar, paparan kimia, dan reaksi obat. Seiring waktu, patch kulit yang memutih ini berevolusi dalam ukuran dan mungkin juga bertambah jumlahnya.

Apa itu Vitiligo Anak?

Vitiligo pada anak-anak tidak berbeda dari orang dewasa dan pendekatan perawatannya pasti sama. Kondisi kulit ini adalah ketika kulit mengembangkan bercak atau bercak putih. Menurut dokter kulit terbaik di India, bintik-bintik ini dapat tetap terlokalisir atau dapat menyerang bagian tubuh lain (segmental dan non-segmental).

Vitiligo pada anak-anak biasanya menyerang wajah, dekat bibir, siku, atau lambung dan lesi ini bisa bertambah besar. Menurut temuan, bayi (3 hingga 7 bulan) umumnya mengembangkan vitiligo di daerah genital dan perianal. Untuk 32% dari remaja, kondisi kulit ini dimulai dari wajah, sedangkan pada pasien yang lebih tua, dapat dimulai dari mana saja.

Tanda Vitiligo pada Anak-Anak

Setelah anak Anda terkena vitiligo pada usia muda, ada kemungkinan bahwa kondisi kulit ini hanya akan meningkat. Ada tanda-tanda vitiligo yang berbeda untuk dicatat pada anak-anak dan mereka termasuk;

Gatal
Pembakaran
Perubahan kulit ‘bintik’ di dekat kawasan yang terpengaruh
Bintik-bintik putih seperti titik
Pemicu untuk Vitiligo Anak

Penyebab pasti vitiligo pada usia muda tidak diketahui, tetapi ahli kulit percaya bahwa ini dapat memicu itu;

Malfungsi Melanocytes
Sel melanosit adalah sel penghasil melanin dalam tubuh. Ini menentukan warna kulit untuk setiap individu. Diperkirakan bahwa kondisi autoimun dapat menyerang sel-sel bukannya menyerang benda asing, sehingga meninggalkan kulit berubah warna.

Paparan Kimia
Peningkatan paparan kimia dapat merusak sel-sel melanosit, meninggalkannya berubah warna.

Kekhawatiran Orang Tua

Tergantung pada usia, seorang anak mungkin memamerkan sejumlah masalah psikologis dan emosional. Ini umumnya termasuk;

Tidak suka kulitnya
Depresi
Kesedihan
Kegelisahan
Mereka juga cenderung menjadi pemilih tentang cara berpakaian mereka sebagai salah satu cara untuk menyembunyikan kondisi kulit ini. Semakin tua anak, semakin tak tertahankan, dia akan menjadi terhadap kondisi kulit ini.

Oleh karena itu, disarankan agar orang tua memberikan dukungan secara keseluruhan dan kondisi ini secara bertahap mengubah keadaan mental anak. Bergabung dengan kelompok vitiligo untuk dukungan tambahan dianjurkan.

Mengobati Vitiligo Anak

Ada sejumlah pendekatan pengobatan vitiligo, tetapi tentu saja, tidak setiap perawatan ideal untuk anak-anak. Umumnya, krim kortikosteroid adalah pendekatan pengobatan yang pasti karena efek samping yang minimal.

Pendekatan lain yang perlu dipertimbangkan untuk pengobatan Vitiligo di India tergantung pada usia anak termasuk;

Fototerapi
Calcipotriol
Transplantasi Melanocyte
Operasi kulit terkait
Inhibitor Calcineurin
Tips Menangani Vitiligo pada Anak-Anak

  • Temukan dokter kulit vitiligo yang berpengalaman
    Gunakan produk kosmetik ‘kosmetik’ yang ramah
    Dukung anak Anda (secara mental dan sosial)
    Dukungan Garner dari kelompok vitiligo ‘sarankan anak Anda untuk bergabung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here