Beranda Warganet Wakil Bupati Garut imbau pendaki patuhi aturan pendakian Gunung Guntur

Wakil Bupati Garut imbau pendaki patuhi aturan pendakian Gunung Guntur

Garut (ANTARA) – Wakil Bupati Garut Helmi Budiman mengimbau para pendaki mematuhi seluruh aturan pendakian Gunung Guntur, Kabupaten Garut, Jawa Barat untuk mencegah terjadinya kecelakaan saat pendakian, seperti yang baru saja menimpa seorang remaja yang hilang selama enam menit. hari di gunung…

“Ikuti aturan pendakian,” kata Helmi Budiman saat mengunjungi pendaki yang hilang di Puskesmas Tarogong Kaler Garut, Jumat.

Ia mengatakan, aturan pendakian harus menjadi perhatian utama seluruh pendaki agar pendakian ke puncak gunung berjalan lancar.

“Jadi ikuti protokol pendakian,” katanya.

Pengurus Persatuan Olahraga Pendaki Gunung Indonesia (AOPGI) Garut, Fiki Noor Falah, menyayangkan hilangnya pendaki di Gunung Guntur, sehingga hal ini menjadi penilaian bagi semua pihak agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

“Ini perlu menjadi penilaian bagi pihak terkait, salah satunya BKSDA itu sendiri, juga para relawan,” ujarnya.

Ia mengatakan, perlu dibuat aturan standarisasi pendakian gunung di Garut agar bisa meminimalisir risiko atau kecelakaan saat mendaki atau di luar ruangan.

Standardisasi, kata dia, merupakan salah satu batasan usia, pendaki yang belum mencapai usia dewasa sebaiknya tidak mendaki karena risikonya tinggi.

“Mengadopsi kebijakan standardisasi, apa saja syarat mendaki gunung, seperti batasan usia,” ujarnya.

Ia menyayangkan pendaki yang hilang di Gunung Guntur itu masih muda dan belum memiliki banyak pengetahuan tentang pendakian, apalagi di alam terbuka, ia tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi selama pendakian.

“Harus siap fisik, mental, fitnes harus siap, selain peralatan lengkap,” katanya *.

Artikel sebelumyaIndonesia melampaui target vaksinasi WHO
Artikel berikutnyaICM DNR: PKC harus bicara terbuka soal kasus Azis Shyamsuddin